Unjuk Rasa ke DPRD, Aliansi Mahasiswa Babel Bawa 7 Tuntutan

Firman    •    Senin, 30 September 2019 | 21:26 WIB
Lokal
Aksi mahasiswa di kantor DPRD Babel. (Firman/wowbabel)
Aksi mahasiswa di kantor DPRD Babel. (Firman/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Bangka Belitung (Babel), menggelar aksi damai di depan kantor DPRD Babel, Senin (30/9/2019) sore,  menolak RUU KUHP yang dianggap kontroversial dan dinilai tidak berpihak kepada rakyat.

Aliansi Mahasiswa dari berbagai kampus di Babel tersebut, dalam aksinya menuntut dan mengecam aksi kekerasan dan intimidasi terhadap para mahasiswa di beberapa kota besar, saat menggelar aksi demonstrasi di DPR RI dan DPRD, hingga menyebabkan dua orang mahasiswa meninggal dunia beberapa waktu yang lalu.

Selain itu para mahasiswa juga menyampaikan 7 tuntutan mereka dihadapan Ketua DPRD dan Gubernur Babel, wakil Gubernur, Kapolda Babel dan anggota DPRD Babel lainnya.

Poin-poin yang disampaikan para mahasiswa tersebut, antara lain.

1. Menolak UU KPK dan mendesak Presiden agar segera menerbitkan Perppu.

2. Mendesak DPR RI merevisi pasal-pasal yang dianggap bermasalah dalam RKUHP dan meninjau ulang pasal-pasal tersebut dengan melibatkan berbagai masyarakat sipil.

3. Menolak RUU pertahanan yang kontra produktif dengan semangat reforma Agaria. 

4. Menolak pimpinan KPK terpilih yang bermasalah, serta mendesak Polri dan TNI untuk tidak menduduki jabatan Sipil.

5. Mendesak pemerintah pusat untuk bertanggung jawab penuh persoalan Karhutla di wilayah terdampak parah serta mengadili dan mencabut HGU korporasi besar pembakar hutan.

6. M



1   2      3