BUMD Jangan Diisi Pengusaha Bangkrut

Dwi H Putra    •    Rabu, 09 Oktober 2019 | 12:03 WIB
Lokal
Bupati Bangka, Mulkan SH MH.(dwi/wb)
Bupati Bangka, Mulkan SH MH.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com --Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka mempersiapkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk menambah pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bergerak di tiga bidang sesuai visi misi Bangka Setara.

"Kami masih mempersiapkan semuanya termasuk seleksi direktur BUMD ini, kami ingin diisi pengusaha sukses bukan pengusaha bangkrut serta diisi mantan pihak perbankan profesional," kata Bupati Bangka, Mulkan SH MH di Sungailiat, Rabu (9/10/2019).

"BUMD ini namanya Bangka Agro Lestari bergerak di tiga bidang pertama dalam pengembangan pariwisata dan juga adanya di pertanian dan perkebunan serta energi," ujarnya.

Menurutnya pendirian BUMD ini dikarenakan selama ini ketika ada suatu investator ingin berinvestasi tapi pemerintah tidak bisa langsung, karena menyangkut aset-aset daerah.

"Sehingga harus ada BUMD yang mengelola dan bekerjasama dengan investor penyertaan modal dengan Pemkab Bangka dalam bentuk aset daerah," jelas Mulkan.

BUMD berbentuk perusahaan umum Daerah (Perumda) ini diharapkan benar-benar dapat membantu PAD, sebab sekarang ini anggaran dana dari transfer pusat dan provinsi ke daerah terus berkurang sehingga sudah selayaknya Kabupaten Bangka belajar mandiri.

Keberadaan BUMD pun diharap menjadi semangat untuk membangun Kabupaten Bangka, supaya BUMD berkelanjutan tidak bersifat sementara.

"Nantinya Direktur BUMD terpilih akan mempunyai kontrak kerja kalau sekian tahun tidak



1   2