Erwin Djali Hibahkan Buku Tentang Babel ke Perpustakaan Nasional

Robby_Salim    •    Kamis, 10 Oktober 2019 | 21:47 WIB
Nasional
Rak buku tentang Bangka Belitung di Perpustakaan Nasional yang terlihat kosong. Hal ini lah yang mendorong Erwin Djali untuk menghibah koleks buku pribadinya ke Perpustaakan Nasional.(ist)
Rak buku tentang Bangka Belitung di Perpustakaan Nasional yang terlihat kosong. Hal ini lah yang mendorong Erwin Djali untuk menghibah koleks buku pribadinya ke Perpustaakan Nasional.(ist)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- Erwin Djali, warga Bangka yang tinggal di Jakarta menghibahkan beberapa buku-buku tentang Bangka Belitung yang merupakan koleksi pribadinya ke Perpustakaan Nasional Pusat, Kamis (10/10/2019).

Erwin Djali ini adalah penikmat buku dan kolektor buku-buku langka, khususnya buku-buku melayu, sejarah dan buku-buku lainya.

Erwin Djali menjadi kolektor buku sudah cukup lama sejak tahun 1996 sampai sekarang, termasuk buku-buku dari Bangka Belitung yang ditulis oleh penulis lokal Bangka Belitung.

Menurut Erwin Djali, buku Bangka Belitung yang dikoleksinya sebagian besar didapatkan di lapak-lapak buku bekas di Jakarta, penjualan buku online, beli langsung di Pulau Bangka serta diberikan secara gratis oleh sang penulis.

Erwin Djali menghibahkan buku tentang Bangka Belitung lantaran merasa prihatin melihat minimnya buku tentang Bangka Belitung di Perpustakaan Nasional yang berlokasi di Jalan Merdeka Selatan,  lantai 24.

“Sedikit sekali buku  tentang Bangka Belitung, banyak yang kosong raknya. Dari lima tingkat rak  yang terisi buku-buku Bangka Belitung hanya beberapa saja,” kata Erwin.

Erwin Djali menyerahkan langsung buku miliknya kepada Emyati Tangke Lembang selaku Kepala Bidang Akuisisi dan didampingi oleh staff Perpustakaan Nasional Bagian Akuisisi, Mujiani.

“Saya berharap dengan adanya buku-buku  tentang  Bangka Belitung di Perpustakaan Nasional,



1   2