Berkunjung ke Kurau, Doni Monardo Terkesan Mangrove Munjang

HendriDede    •    Minggu, 13 Oktober 2019 | 01:06 WIB
Nasional
Ketua BNPB,Doni Monardo saat mengunjungi kawasan konservasi mangrove Munjang Kurau Barat.(ist)
Ketua BNPB,Doni Monardo saat mengunjungi kawasan konservasi mangrove Munjang Kurau Barat.(ist)

KOBA, www.wowbabel.com -- Kawasan Konservasi Mangrove Munjang Kurau Barat Kecamatan Koba, Bangka Tengah berhasil menggoreskan kesan tersendiri bagi orang nomor satu di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Sabtu (12/10/2019).

"Saya terkesan. Mangrove di kawasan ini sangat natural, sangat indah, dari konservasi alamnya dan sekarang jadi kawasan pariwisata," ujar Kepala BNPB sesaat setelah meninjau kawasan konservasi yang memiliki luas sekitar 800 hektar di Kabupaten Bangka Tengah.

Sang jenderal yang pernah sukses mempelopori program 'Citarum Harum' di 'Hutan Amazon'nya Bangka itu juga diisi dengan kegiatan penanaman bibit pohon mangrove.

Usai menanam, Kepala BNPB kemudian berkeliling di kawasan konservasi yang juga disulap menjadi tempat wisata alami.

Setelah melakukan peninjauan, Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu juga menyampaikan apresiasi atas usaha dari pihak-pihak yang telah aktif melakukan penyelamatan lingkungan, khususnya hutan mangrove di wilayah Bangka.

Tak hanya itu, baginya hal penting yang bisa dicontoh dari semua itu ialah bagaimana bekerjasama mengembalikan fungsi mangrove sebagai penyerap karbon sekaligus penghasil oksigen.

Selain itu magrove juga bisa menjadi benteng alam dan pelindung dari gelombang besar hingga tsunami. Dari segi ekonomi, kawasan mangrove juga menjadi rumah-rumah bagi kepiting dan udang yang memiliki nilai jual tinggi.

Selain itu,



1   2      3