Lima Hari Patroli, Elang Laut Tak Temukan Kapal Trawl

Chairul Aprizal    •    Minggu, 13 Oktober 2019 | 02:43 WIB
Lokal
KP Elang Laut saat sedang sandar.(net)
KP Elang Laut saat sedang sandar.(net)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Tim Gabungan Kapal Elang Laut mengungkapkan tidak berhasil menemukan kapal trawl yang dilaporkan sekelompok nelayan Bangka Barat.

Kasi Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung Sandi Lasuardi menuturkan selama lima hari berpatroli tim gabungan tidak menemukan kapal trawl tersebut.

"Kebetulan kami sekarang sudah di pos kami di Pangkalpinang, sudah selesai lah patroli, untuk sementara masih belum ditemukan" ujarnya ketika dihubungi, Sabtu (12/10/2019).

Sandi menjelaskan sesuai laporan nelayan yang resah dengan kapal trawl sehingga melakukan patroli selama lima hari untuk menindaklanjuti.

"Sekitar perairan Bangka Barat itulah, penganak, Tanjung Ular, belum ditemukan," imbuhnya.

Sandi mengatakan kapal trawl ini sangat merusak karena jika kena semua ikan dan ikan kecil akan tertangkap termasuk terumbu karang dan sebagainya.

Terpisah ketika ditanyai Wowbabel Salah satu pengelola gudang ikan mengungkapkan nelayannya tidak menggunakan kapal trawl karena biaya operasionalnya mahal.

"Kalau untuk sekali melaut saja itu bisa membutuhkan empat juta rupiah lah, terus ikan yang didapat itu tujuannya untuk ikan yang berkelas dan mahal" kata pengelola gudang ikan Muntok yang enggan disebutkan namanya itu.

"Terus untuk modalnya itu dua ratusan juta jadi kalau hasil tangkapan bisnis pakai trawl ini akan rugi jika hanya jual ke pasar pasti untuk ekspor. Jadi saya



1   2