Pemali, Tempilang dan Paku Menyusul Batu Besi (Era Baru PenambanganTimah2)

Abeng    •    Selasa, 15 Oktober 2019 | 12:43 WIB
Opini
Lokasi Penambangan milik PT Timah Tbk kawasan Batu Besi di Desa Damar Kabupaten Belitung Timur.(ist)
Lokasi Penambangan milik PT Timah Tbk kawasan Batu Besi di Desa Damar Kabupaten Belitung Timur.(ist)

Oleh Albana (Wartawan wowbabel.com)

PILOT Proyek Tambang Batu Besi milik PT Timah Tbk dipersiapkaan untuk penambangan timah primer  jangka panjang setelah timah alluvial semakin terbatas. Penambangan timah primer sebagai salah satu jaminan bagi keberlangsungan industri timah ke depan.

PT Timah Tbk sudah memulainya. Selain Batu Besi di Desa Damar Kabupaten Belitung Timur,  penambangan timah primer metoda open pit juga dilakukan di Pemali, Tempilang, dan Desa Paku di Kecamatan Payung. Namun aktifitas penambangan metoda open pit dengan menjalankan penambangan yang baik (good mining practice) baru di Desa Damar dengan membentuk Unit Penambangan Timah Primer (UPTP).

Penambangan timah primer di Batu Besi Desa Damar  2020 sudah ditergetkan berproduksi 1.000 ton sn. Sejak setahun ini aktifitas  menerapkan penambangan yang benar dilakukan. Gundukan batu dan tanah sekitar stock file tak jauh dari mesin pengolahan  sudah menumpuk menunggu antrean  untuk masuk ke mesin crusher, shaking table  dan  jig washing plant sebelum diangkut dari Pelabuhan GBT  Gantong menuju pengolahan timah di Pusmet Muntok.

Tak saja tanah dan batu hasil galian  mineral yang sudah memelalui proses pengolahan yang terbuang sebagai limbahpun tetap diproses. Masih dapat lima persen lagi kandungan timah yang berhasil diproses kembali  sebelum dikirim ke Pusmet Muntok untuk dilebur.

”Kalau berbicara penambangan bukan persoalan mahal, tapi berkelanju



1   2      3      4