Satpolair Bangka Tertibkan Tambang Ilegal Upin Ipin

Dwi H Putra    •    Kamis, 17 Oktober 2019 | 20:20 WIB
Lokal
Anggota Satpolair Polres Bangka menertibkan TI Apung di kawasan jelitik, Sungailiat. (Dwi HP/wowbabel)
Anggota Satpolair Polres Bangka menertibkan TI Apung di kawasan jelitik, Sungailiat. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Satpolair Polres Bangka menertibkan aktifitas tambang timah inkonvensional (TI) ilegal jenis apung upin ipin yang beroperasi di aliran Sungai Kawasan Jelitik Sungailiat. 

"Penertiban tambang jenis upin ipin ini telah menggangu dan meresahkan aktifitas rumah warga di waktu istirahat, tim mendatangi lokasi pertambangan ini bedasarkan laporan dari masyarakat sekitar," kata Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono SH MH melalui Kasat Polair Polres Bangka, AKP Elpiadi didampingi Kanit Satpolair Polres Bangka, Januardi di Sungailiat, Kamis (17/10/2019). 

"Apalagi aktifitas tambang tersebut berdekatan dengan perumahan warga setempat dan berdampak pada jalan raya terutama jembatan Jelitik serta aliran sungai," ujarnya. 

Dilanjutkannya dari informasi masyarakat terkadang penambang apung jenis upin ipin ini tidak mengenal waktu, bahkan beraktifitas sampai malam hari.

Penambang pun diimbau segera menghentikan aktifitasnya dan membongkarkan peralatan tambangnya masing-masing, sehingga lokasi aliran sungai ini benar-benar kosong dari aktifitas para penambang. 

"Terpantau ada 4 ponton tambang apung, 3 ponton pemilik tambang upin ipin sudah membongkar peralatan tambangnya," jelas Januardi. 

"Sedangkan 1 ponton tambang yang berada diujung aliran sungai tersebut masih menunggu personil tambang untuk membongkarkannya," pungkasnya. (Dwi HP/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL