Syahbudin Tantang Mahasiswa BUD Berinovasi

Dwi H Putra    •    Kamis, 17 Oktober 2019 | 11:23 WIB
Nasional
Wakil Bupati Bangka didampingi Ketua BUD IPB dan beberapa kepala dinas saat bersama mahasiswa beasiswa utusan daerah asal Bangka.(dwi/wb)
Wakil Bupati Bangka didampingi Ketua BUD IPB dan beberapa kepala dinas saat bersama mahasiswa beasiswa utusan daerah asal Bangka.(dwi/wb)

BOGOR, www.wowbabel.com -- Wakil Bupati Bangka, Syahbudin SIP memberikan tantangan kepada mahasiswa beasiswa utusan daerah (BUD) di Institut Pertanian Bogor (IPB) terkhusus mahasiswa jurusan teknologi manajemen dan perikanan tangkap dan jurusan proteksi tanaman.

Menurutnya, saat ini nelayan di Kabupaten Bangka belum bisa mendapatkan hasil maksimal disebabkan masih secara otodidak dalam mencari lokasi tangkap.

"Tak hanya itu nelayan ini harus mengeluarkan biaya yang cukup besar dengan hasil yang minim, jika nanti memang ada teknologi bisa menentukan lokasi dan jenis ikannya maka memudahkan nelayan," kata Syahbudin di Bogor, Kamis (17/10/2019).

Tidak hanya itu, Syahbudin juga memberikan tantangan kepada mahasiswa lainnya, supaya dapat memberikan inovasi dalam memproteksi tanaman dalam hal ini tanaman lada yang merupakan salah satu komoditas utama di Bangka Belitung.

"Coba cari juga inovasi bagaimana memproteksi tanaman lada dari penyakit kuning dan busuk pada pangkal batang, ini salah satu tantangan bagi adek-adek demi warga Bangka Belitung khususnya Bangka," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang mahasiswa BUD asal Desa Sempan, Anas, mengaku sudah ada beberapa inovasi terkait permintaan Wakil Bupati Bangka, tapi dirinya yakin bisa memenuhi tantangan tersebut sebab saat ini sedang membuat skripsi seperti tantangan yang diberikan Wakil Bupati Bangka.

"Kalau secara inovasi sudah ada ya, tapi semua itu masih dalam



1   2