2.000 Nelayan Basel Bakal Pegang Kusuka

Aston    •    Jumat, 18 Oktober 2019 | 14:17 WIB
Lokal
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan memproses sebanyak 2.000 kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan (Kusuka) yanga akan dibagikan kepada masyrakat nelayan di daerah setempat.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah memproses dan membagikan sebanyak 400 lembarKusuka kepada nelayan yang ada di KabupatenĀ  Basel.

"Untuk Kusuka yang akan kami proses kurang lebih sebanyak 2.000 dan telah tercetak sebanyak 400 kartu dan telah disalurkan," kata Suhadi belum lama ini.

Kartu kusuka yang merupakan identitas nelayan itu diterbitan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pemerintah pusat menerbitkan Kusukan berdasarkan usulan dariĀ  pemerintah daerah.

"Pendataan dan penginputan data dilakukan oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) daerah kemudian diusulkan ke kementerian KKP ," ujarnya.

Dijelaskan Suhadi, Kusuka dibutuhkan untuk mendapatkan data base tunggal pelaku usaha kelautan dan perikanan yang dapat dimanfaatkan dalam menentukan kebijakan program Kementerian Keluatan dan Perikanan.

Lanjutnya, pemegang Kusuka tidak hanya bagi nelayan tetapi semua pelaku usaha perikanan dan kelautan.

"Diantaranya budidaya ikan, petambak garam, pemasar ikan, pengolah ikan dan pengusaha jasa pengiriman hasil perikanan," terangnya.

Ia mengimbau bagi masyarakat y



1   2