Bawa Pistol Rakitan, Nahkoda Kapal Asal Jambi Diamankan Polisi

Chairul Aprizal    •    Minggu, 20 Oktober 2019 | 21:59 WIB
Lokal
Kapolres Bangka Barat dan Kasat Pol Air Polres Babar memperlihatkan senpi rakitan yang berhasil diamankan pihaknya. (Chairul/wowbabel)
Kapolres Bangka Barat dan Kasat Pol Air Polres Babar memperlihatkan senpi rakitan yang berhasil diamankan pihaknya. (Chairul/wowbabel)

MUNTOK, www.wowbabel.com - Kapal Patroli 2701 Satpol Air Polres Bangka Barat dan anggota Gakkum menemukan senjata api (senpi) rakitan dari  seorang nahkoda kapal di perairan karang berang-berang Selat Bangka, Jumat (18/10/2019) lalu.

Seorang pria warga Kenali Besar Kecamatan Alam Berajo Provinsi Jambi berinisial AB alias MJ  ( 37 ), diamankan setelah diketahui sebagai pemilik  senpi rakitan itu.

Senjata api rakit beserta 15 peluru aktif 5,56 serta 4 selongsong peluru 5,56 ditemukan di tas yang ada dalam lemari kamar saat penggeledahan Kapal TB Aquarius III.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Muhammad Adenan mengatakan, temuan ini diketahui setelah mendapatkan informasi dari masyarakat.

"Anggota kita bergerak ke lokasi di wilayah Muntok dan ternyata setelah digeledah didapatkanlah senjata jenis seperti Revolver, tapi kalau Revolver pelurunya beda, untuk kalibernya beda," jelas Kapolres di konferensi pers kemarin (19/10/2019).

Adenan menjelaskan jarak tembak senpi rakitan itu bisa lebih dari 100 meter namun peluru yang digunakan bukan untuk jenis Revolver, tapi untuk senjata laras panjang.  

"Senjata dengan peluru seperti ini, ini peluru untuk senjata laras panjang, Untuk kapalnya masih berlabuh di Pelabuhan, ini hanya orangnya. Di Bangka sementara belum ada, kalau ada kasih tahu saya langsung dimana, kalau ada informasi disini kita akan langsung tindakan. Senjata yang ini dari luar Bangka, dari Mesuji Sumatera Selatan," kata



1   2