BKSDMD Bangka Buka 179 Tenaga CPNS

Dwi H Putra    •    Senin, 21 Oktober 2019 | 16:35 WIB
Lokal
Kepala BKSDMD Bangka, Baharita. (Dwi HP/wowbabel)
Kepala BKSDMD Bangka, Baharita. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKSDMD) kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pihaknya saat ini telah mengirimkan tenaga admin untuk pelaksanaan tes yang tidak akan lama lagi dilaksanakan.

"Kali ini kami mendapat jatah sebanyak 125 tenaga pendidik, 44 tenaga kesehatan dan 10 tenaga teknis, sehingga total 179 formasi yang telah diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan sudah disetujui," kata Kepala BKSDMD Bangka, Baharita di Sungailiat, Senin (21/10/2019). 

"Tahapan berikutnya pembentukan panitia, administrasi melalui online untuk tes administrasi, lalu pada tahun 2020 pelaksaan tes Computer Assisted Test (CAT)," ujarnya. 

Baharita melanjutkan telah mengirim tenaga teknis admin sebanyak dua orang ke BKN agar nantinya, dalam pelaksanaan tes bisa berjalan dengan lancar dan aman, setelah mereka tahu pengumuman nanti, tetap akan umumkan di online dan koran, diawali tes administrasi selanjutnya tes CAT selesai CPNS, barulah ada tahapan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian (P3K) untuk honor fungsional tertentu. 

"Kedepan tenaga fungsional lebih diutamakan dalam penerimaan pegawai, seperti contohnya tenaga pendidik, penyuluh serta kesehatan," jelas Baharita. 

"Harapan kami supaya banyak yang lulus terutama untuk tenaga honor mengikuti agar mengurangi beban daerah, kalau honor menjadi PNS, selain itu untuk P3K usia 56 tahun masih bisa ikut tes harus fungsional tertentu memang sudah D3 dan S1 sesuai fungsinya, jadi kedepan sedikit struktural banyak fungsional, seperti tenaga penyuluh, kesehatan," pungkasnya. 

Sementara, Bupati Bangka, Mulkan SH MH terkait penerimaan CPNS di Kabupaten Bangka, mengatakan bahwa awalnya mengusulkan mencapai 1000 lebih, namun terealisasi hanya 100 lebih.

"Kalau untuk penerimaan PNS semua dari Pemerintah Pusat kami hanya mengusulkan berapa PNS, kemarin secara global minta 1000 lebih terelisasi hanya 100 lebih dari BKN mereka menginginkan memintakan formasi sesuai yang pensiun setiap tahunnya," kata Mulkan.

"Memang kami banyak kekurangan PNS, makanya ada penambahan tenaga kontrak untuk mempercepat program pemerintah, apalagi di tenaga guru banyak pensiun diisikan secepat mungkin, guru bukan hanya kurang di desa di kota juga berkurang," pungkasnya. (Dwi HP/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL