Dispertan Harapkan Mahasiswa BUD Berinovasi

Dwi H Putra    •    Selasa, 22 Oktober 2019 | 11:34 WIB
Lokal
Kepala Dispertan Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rachman. (Dwi HP/wowbabel)
Kepala Dispertan Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rachman. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Bangka mengharapkan mahasiswa beasiswa utusan daerah (BUD) yang sedang menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB) dapat berinovasi bagi pembangunan daerah dibidang pertanian. 

"Kami harapkan mereka dapat berinovasi kedepannya, walau pun sudah ada inovasi yang dibuat kelompok masyarakat seperti mesin perontok lada atau pun mesin pemotong ubi," kata Kepala Dispertan Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rachman di Sungailiat, Selasa (22/10/2019). 

"Ciptakan inovasi lainnya seperti bak perendaman lada atau obat yang bisa menghilangkan penyakit kuning serta busuk pangkal batang lada," harapnya.

Kemas menjelaskan tidak hanya dibidang pertanian, inovasi juga diharapkan dari mahasiswa BUD IPB lainnya berdasarkan hasil pendidikan yang diterima seperti bidang peternakan dan lainnya. 

"Tapi kalau bisa ciptakan inovasi teknologi bidang pertanian, apalagi selama ini Bangka dikenal sebagai penghasil komoditas lada terbaik di dunia," jelas Kemas. 

"Mahasiswa BUD IPB ini sudah wajib membantu orang tua mereka juga, apalagi banyak orang tua  dari mahasiswa ini yang berkebun lada," pungkasnya. (Dwi HP/wb)