Justiar: Komitmen Santri Sebagai Generasi Pencinta Tanah Air Tak Pudar

Aston    •    Selasa, 22 Oktober 2019 | 12:13 WIB
Lokal
Bupati Basel Justiar Noer foto bersama di Hari Santri Nasional di Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)
Bupati Basel Justiar Noer foto bersama di Hari Santri Nasional di Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com --  Bupati Bangka Selatan (Basel), Justiar Noer mengatakan bahwa santri merupakan generasi cinta terhadap tanah air. Hal itu sebagaimana dikatakan Justiar dalam peringatan Hari Santri Nasional 2019 yang digelar Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Basel, Selasa (22/10/2019). 

"Sampai hari ini pun komitmen santri sebagai generasi pecinta tanah air tidak kunjung pudar. Sebab, mereka masih berpegang teguh pada kaidah hubbul wathan minal iman atau cinta tanah air sebagian dari iman," kata Justiar kepada wartawan.

Disamping itu, Justiar Noer mengingatkan masa perlawanan kultural di masa penjajahan, perebutan kemerdekaan, pembentukan dasar negara, tercetusnya Resolusi Jihad 1945, hingga melawan pemberontakan PKI tidak lepas dari peran kalangan pesantren.

Menurutnya, para santri mendapatkan bimbingan, teladan dan transfer ilmu langsung dari kiai. Pesantren juga menerapkan keterbukaan kajian yang bersumber dari berbagai kitab, bahkan sampai kajian lintas mazhab. 

Lanjutnya, ketika muncul masalah  para santri menggunakan metode bahsulmasail untuk mencari kekuatan 
hukum dengan cara meneliti dan mendiskusikan secara ilmiah sebelum menjadi keputusan hukum. 

"Melalui ini para santri dididik untuk belajar menerima perbedaan, namun tetap bersandar pada sumber hukum yang otentik, " ujarnya.

Lebih lanjut



1   2