Polman Babel Serahkan Mesin ke UMKM Desa Kurau Barat

Dwi H Putra    •    Selasa, 29 Oktober 2019 | 14:30 WIB
Lokal
Diseminasi Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk UMKM yang bergerak di bidang olahan makanan hasil laut di Desa Kurau Barat Kabupaten Bangka Tengah.(dwi/wb)
Diseminasi Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk UMKM yang bergerak di bidang olahan makanan hasil laut di Desa Kurau Barat Kabupaten Bangka Tengah.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) memiliki komitmen yang kuat  dalam membantu meningkatkan daya saing UMKM di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kali ini salah satu bentuk kegiatan yang telah dilakukan yaitu Diseminasi Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk UMKM yang bergerak di bidang olahan makanan hasil laut di Desa Kurau Barat Kabupaten Bangka Tengah.

Kegiatan Diseminasi TTG Polman Bangka Belitung ini dilakukan Idiar MT, Husman MT dan Sugiyarto MT dengan memberikan mesin kepada UMKM Gurih DD dan UMKM Mekar berupa mesin pengaduk adonan, mesin pencetak, mesin pengoreng dan mesin peniris.

Kegiatan serah terima mesin dihadiri langsung oleh Wakil Direktur III Polman Babel Bidang Kemahasiswaan, perwakilan Pemerintah Desa Kurau Barat, perwakilan dari Disperindagkop Bangka Tengah dan pihak UMKM mitra di Desa Kurau Barat Kabupaten Bangka Tengah Jumat kemarin.

"Salah satu tujuan dari kegiatan desiminasi teknologi adalah meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi UMKM pada mitra kegiatan," kata Wakil Direktur III Polman Babel, Husman MT di Sungailiat, Selasa (29/10/2019).

"Dalam pelaksanaannya di lapangan, tim dosen desiminasi teknologi Polman Babel juga melakukan pendampingan untuk mengetahui kendala-kendala produksi, sehingga tingkat keberhasilan penerapan mesin dapat diketahui secara maksimal," ujarnya.

Menurutnya, bantuan mesin ini dilakukan karena selama ini UMKM olahan makanan hasil laut di Desa Kurau Barat masih memproduksi produk olahan hasil laut nya dengan peralatan sederhana, sehingga kapasitas dan kualitas produk yang dihasilkan terbatas.

Dengan adanya desiminasi teknologi di UMKM Gurih DD dan Mekar ini, harapannya dapat menginspirasi UMKM sejenis yang ada di Desa Kurau Barat khususnya atau wilayah Bateng umumnya, untuk menggunakan teknologi yang ada dalam memproduksi produk olahannya sehingga bisnis mereka memiliki daya saing.

Sementara, Perwakilan Disperindagkop Bangka Tengah, Heri, mengharapkan kedepan dapat meningkatkan kerjasama dan sinergisitas dalam kegiatan pembinaan UMKM Bangka Tengah, sehingga UMKM semakin berkembang unggul dan berdaya saing diantara para kompetitornya.

"Kami dari Pemkab Bangka Tengah mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Polman Babel, atas sumbangsih pikiran dan tenaga pada kegiatan rekayasa dan rancang bangun teknologi tepat guna bagi UMKM yang ada di Bangka Tengah ini, " jelas Heri.

Kegiatan Desiminasi Teknologi Tepat Guna ini didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat  Kemristekdikti tahun 2019 yang merupakan salah satu wujud Tridarma Perguruan Tinggi.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL