KPU Tetap Sosialisasikan Pentingnya Demokrasi

Dwi H Putra    •    Kamis, 31 Oktober 2019 | 10:49 WIB
Lokal
Pendidikan demokrasi kepada pemilih yang digelar KPU Bangka(ist)
Pendidikan demokrasi kepada pemilih yang digelar KPU Bangka(ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka tetap memberikan pemahaman demokrasi dan arti pentingnya memilih kepada masyarakat, walau pun sudah selesai pemilihan serentak beberapa waktu lalu.

"Sosialisasi berupa pendidikan demokrasi kepada pemilih, adapun sasaran kegiatan ditujukan kepada pemilih pemula, pemilih perempuan dan pemilih penyandang disabilitas," ungkap Komisioner KPU Bangka Divisi SDM dan Pemberdayaan Masyarakat, Hartati di Sungailiat, Kamis (31/10/2019).

"Diharapkan melalui pendidikan pemilih kepada kawan-kawan penyandang disabilitas ini, mereka akan mendapatkan tambahan wawasan mengenai demokrasi, pemilu dan bisa ikut berpartisipasi baik sebagai pemilih yang cerdas, peserta pemilu maupun sebagai penyelenggara pemilu" ujarnya.

Lanjut Hartati, materi yang disampaikan tentang pengertian demokrasi, azas pemilu, syarat memilih, hak penyandang disabilitas, seputar pemilu serentak tahun 2019 serta simulasi pemilihan di TPS. Peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan masukan dan saran terkait Pemilu 2019.

Hartati menambahkan bahwa berbagai kegiatan sosialisasi pemilih telah dilakukan di berbagai tempat di Kabupaten Bangka, termasuk kepada pemilih pemula di SMPN 2 Belinyu, SMPN 1 Mendo Barat, SMPN 2 Bakam dan SMPN 1 Riau Silip.

Untuk pemilih perempuan,pihaknya berkunjung ke Majelis Ta'lim Desa Saing dan PKK Desa Penyamun. Dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada Guru TK/PAUD Desa Merawang.

Sementara, Ketua Yayasan Penyandang Disabilitas (YPD) Bangka Belitung, Jones, mengapresiasi serta mendukung kegiatan KPU Bangka ini.

"Sosialisasi kepada penyandang disabilitas ini sangat tepat, karena masih banyak penyandang disabilitas yang belum mengerti serta belum memahami pentingnya ikut berpartisipasi dalam pemilu, karena melalui pemilu akan terpilihnya calon-calon pemimpin yang mempunyai figur yang baik dan amanah serta bisa memperjuangkan aspirasi kami," jelas Jones.

"Selaku Ketua YPD Babel, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada KPU Bangka yang sudah melaksanakan sosialisasi seperti ini, tatap muka secara langsung memberikan informasi yang sangat penting, kedepan saya juga berharap kawan-kawan penyandang disabilitas agar lebih aktif berpartisipasi pada pemilu dan KPU Bangka bisa mendata seluruh penyandang disabilitas yang tersebar di setiap desa, sehingga semua penyandang disabilitas mendapatkan hak mereka dalam memberikan suara pada pemilu mendatang," tukasnya.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL