Yuliana, Atlet Muaythai Babel Asal Basel Tembus Final Porwil X Bengkulu

Aston    •    Senin, 04 November 2019 | 18:44 WIB
Sport
Pukulan tangan kiri Yuli kostum merah mengenai wajah atlit Muaythai asal Padang Sumbar pada semifinal yang berlangsung di sport center Pantai Panjang Bengkulu, Senin (4/11/2019) Petang. (Astoni/wowbabel)
Pukulan tangan kiri Yuli kostum merah mengenai wajah atlit Muaythai asal Padang Sumbar pada semifinal yang berlangsung di sport center Pantai Panjang Bengkulu, Senin (4/11/2019) Petang. (Astoni/wowbabel)

BENGKULU, www.wowbabel.com -- Yuliana, atlet asal Bangka Selatan yang mewakili kontingen Babel pada cabang olahraga Muaythai tembus babak final pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera X Bengkulu.

Yuliana yang turun dikelas 45 Kilogram berhasil menyingkirkan atlet muaythai asal Padang, Sumatera Barat dibabak semifinal yang berlangsung di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, Senin (4/11/2019) petang.

Dalam pertarungan tiga ronde, Yuliana memang mendominasi pertarungan. Beberapa pukulan telak mengenai wajah dan badan lawan. Bahkan, atlit asal Padang satu kali terkena bantingan keras Yuli sapaan akrab atlit muasythai asal negeri Junjung Besaoh Basel tersebut. 

Dibabak semifinal posisi Yuli  yang mengenakan kostum merah sebetulnya tidak diuntungkan, ia harus berjuang sendirian tanpa mendapat pengarahan langsung sang suhu yang terkena sanksi dan harus mengarahkan dari luar ring. 

Kendati demikian, semangat tanding Yuli tak kendor. Suport rekan sesama atlit dan sang suhu diluar ring, Yuli terus menghajar lawan hinga membuahkan kemenangan. 

"Babak final kita belum tau siapa yang akan menjadi lawan, tapi siapapun lawan kita optimis. Tentunya teknik permainan lawan sudah kita pelajari. Final nanti kita matangkan lagi teknik-teknik," ujar Kepala pelatih master Muaythai Babel, Surya Tiger kepada wowbabel.com usai pertandingan. 

Atas kemenangan tersebut, Yuli sudah dipastikan minimal rebut medali perak dan berhak melaju ke pekan olahraga nasional (PON) 2020 mendatang. 

Selain Yuli yang sudah dipastikan medali perak dan melaju ke PON 2020, peluang medali juga datang dari muaythai putri lainnya, Rika Rusdianti kelas 51 Kilogram sudah dipastikan medali perunggu.

"Juara tiga juga sudah ditangan, tapi kita belum tau apakah posisi tiga juga melaju ke PON atau hanya juara satu dua saja," kata Surya. 

Ia menambahkan,  Muaythai Babel menurunkan total delapan orang atlet. Peluang medali juga datang dari dua atlet putra yang sudah masuk perempat final. 

"Sebenarnya dua orang atlet kita menang, tapi disayangkan atlet kita dirugikan sudah dipastikan menang tapi tiba-tiba dianulir tanpa alasan yang jelas," sesal Surya seraya mengatakan sudah melakukan protes keras. 

Ketua Cabor Muaythai Basel, Syahrul yang ikut menyaksikan langsung pertandingan mengaku bangga atas torehan Yuli hingga tembus babak final dan dipastikan tiket PON 2020. 

"Bangga ya,Yuli memang atlit kita salah satu unggulan muaythai Babel, mudah-mudahan emas, optimis," tutur Syahrul. 

Sementara Ketua KONI Basel, Edy Junaidi berharap Yuli tampil maksimal pada pertandingan final nanti. 

"Apapun hasilnya Yuli sudah membanggakan masyrakat Babel dan Basel khususnya," tukas Edy. (ADV)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL