BPBD Bangka Belitung Ajarkan Anak RA Perwanida Tata Cara Penanggulangan Bencana

HendriDede    •    Rabu, 06 November 2019 | 17:19 WIB
Lokal
Rombongan RA Perwanida Pangkalpinang saat berkunjung ke Kantor BPBD Bangka Belitung.(ist)
Rombongan RA Perwanida Pangkalpinang saat berkunjung ke Kantor BPBD Bangka Belitung.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, perkenalkan edukasi sejak dini tentang tata cara penanggulangan bencana kepada anak usia dini (PAUD), di Halaman Kantor BPBD Babel, Rabu (6/11/2019).

Kepala BPBD Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan pencegahan kesiapsiagaan dibagi menjadi dua, pertama bagaimana mereka harus mencintai lingkungan sekitar dengan mengurangi limbah plastik dengan tidak membuang sampah sembarangan 

"Banjir yang terjadi di Bangka Belitung rata - rata disebabkan karena adanya drainase yang tersumbat oleh sampah," jelasnya.

Selain itu, mengalakan kembali penanaman pohon karena berkurangnya tanam -tanaman yang tumbuh yang berfungsi sebagai serapan air akan mudah mengakibatkan banjir.

" Biasanya anak anak lebih cepat untuk memahami karena belum ada kepentingan, sekaligus menciptakan suasana lebih akrab menghadapi suatu bencana karena biasanya panik menghadapai bencana," ungkap Mikron.

Kepala Sekolah Raudhatul Athfal (RA) Perwanida Pangkalpinang, Lisa mengatakan, kunjungan 150 siswa tersebut merupakan hal penting untuk dilakukan dalam kehidupan keseharian sebagai pengenalan dasar terkait kebencanaan sejak usia dini.

"Kita tidak bisa memprediksi kapan bencana terjadi, tetapi kita dapat mengurangi resiko sejak dini dengan pengenalan Kebencanaan tersebut," terangnya.

" Kita tidak bi



1   2