Dinkes Bangka Perkuat "Si Resti Cikar"

Dwi H Putra    •    Rabu, 06 November 2019 | 17:05 WIB
Lokal
Kepala Dinkes Bangka, dr Then Suyanti.(dwi/wb)
Kepala Dinkes Bangka, dr Then Suyanti.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka memperkuat kinerja kader Sistem Informasi Ibu Hamil Resiko Tinggi Catat, Informasikan, Kunjungi Atasi Resiko atau Si Resti Cikar, guna menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di daerah itu. 


"Kami melakukan pertemuan dengan semua kader untuk meningkatkan pemahaman para kader akan fungsi dan perannya di masyarakat, " kata Kepala Dinkes Bangka, dr Then Suyanti di Sungailiat, Rabu (6/11/2019). 


"Hal ini salah satu upaya penekanan AKI dan AKB yaitu dengan melakukan kegiatan pendampingan ibu hamil terutama yang beresiko tinggi oleh kader pada masa kehamilan sampai dengan masa nifas," ujarnya.

 
Lanjutnya, kader Si Resti Cikar juga diharapkan dapat melakasanakan pemantauan terhadap ibu hamil, sebagai bentuk kemitraan dari petugas kesehatan dan kader terutama dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan ibu hamil untuk menurunkan AKI dan AKB.


Then menjelaskan peran serta dari pemerintah di tingkat desa atau kelurahan sangat penting, terutama dalam pendataan dan pengawasan bagi warganya yang sedang hamil dan memiliki resiko tinggi.


"Kami juga mohon bantuan dari pemerintah Desa atau lurah, terutama data warga yang hamil atau beresiko tinggi supaya bisa diawasi dan didampingi para kader disetiap wilayahnya," tukasnya.(dwi/wb)