Thjo Lian Sin, Dokter Pertama Lulusan ELS Belinyu

Abeng    •    Kamis, 07 November 2019 | 16:56 WIB
Opini
Tjho Lian Sin. (*)
Tjho Lian Sin. (*)

TAK ada yang kenal dengan nama ini. Dalam catatan sejarah tokoh Tionghoa Indonesia, dr Thjo Lian Sin pernah menjabat Direktur Rumah Sakit Sumber Waras Jakarta tahun 1960. Hanya sepenggal itu saja catatan tertulisnya.

Thjo Lian Sin adalah kelahiran Belinyu, Kabupaten Bangka tahun 1908. Bisa jadi dia adalah generasi pertama Tionghoa asal Bangka yang mendapat gelar dokter. Thjo Lian Sin menghabiskan pendidikan dasar di Europeesche Lagere School (ELS) Belinyu. Setelah itu dia meneruskan pendidikan menengah di Hogere Burgerschool  (HBS)  di Batavia (Jakarta).

Lulus HBS, Thjo Lian Sin melanjutan pendidikan di Fakultas Kedokteran sebuah Universitas di Amsterdam, Belanda. Lulus kuliah dia mengabdikan diri sebagai dokter di Kota Tegal, Jawa Tengah menggantikan rekannya dr Siem Kie Ay.

Jejak Thjo Lian Sin selama mengabdikan diri itu masih sangat terbatas. Namanya baru mencuat kembali di tahun 1960 saat menjabat direktur Rumah Sakit Sumber Waras yang diresmikan pendiriannya tahun 1958.

Gejolak politik Indonesia di tahun 1965 berimbas terhadap warga keturunan Tionghoa di Indonesia. Dr Thjo Lian Sin sempat meninggalkan Indonesia dan beberapa tahun kemudian kembali lagi ke tanah air. Dia meninggal dalam usia 62 tahun, tepatnya 1970 (sumber Tokoh-tokoh Etnis Tionghoa di Indonesia Oleh Sam Setyautama, Kepustakaan Popuer Gramedia 2008).

Thjo Lian Sin sebagai bukti jika di Belinyu sudah ada ELS. Di Indonesia, baru tahun 1903 b



1   2      3