Optimalkan Zakat, Pemprov Babel Ajukan Raperda Zakat

Firman    •    Jumat, 08 November 2019 | 13:15 WIB
Lokal
Rapat paripurna penyampaian raperda di Gedung DPRD Bangka Belitung.(fn/wb)
Rapat paripurna penyampaian raperda di Gedung DPRD Bangka Belitung.(fn/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Potensi zakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung cukup besar. Tercatat dari Januari hingga April 2019 terkumpul dana dari zakat sebesar Rp1,6 miliar. Dana ini dikelola oleh Baznas Babel untuk bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi warga.

Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengembangan zakat agar terkelola sengan baik sesuai dengan peraturan perundangan dan prinsip zakat dalam agama.

"Raperda pengembangan zakat diajukan karena potensi zakat yang dihimpun Baznas agar lebih dioptimalkan penyaluran dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan usaha sesuai peraturan dan syariat," ungkap Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Abdul Fatah dalam sambutanya di Paripurna DPRD Provinsi Babel, Jumat (8/11/2019).

Dengan adanya Perda Pengelolaan zakat ini, kata Abdul Fattah, potensi zakat, dapat dimaksimalkan mendorong kesejahteraan masyarakat.

Selain Raperda tentang zakat, pada kesempatan yang sama diajukan juga Raperda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Babel diantaranya pemisahan Badan Kepegawaian Daerah dengan Badan Sumberdaya Manusia Daerah, penggabungan Dinas Pertanian dengan Dinas Ketahanan Pangan.(*)