Dika Akui Simpan Pistol Satu Tahun Setengah

Dwi H Putra    •    Selasa, 12 November 2019 | 18:25 WIB
Lokal
Dika dan senpi yang disimpannya selama satu setengah tahun diamankan pihak berwajib di Mapolsek Riau Silip. (Dwi HP/wowbabel)
Dika dan senpi yang disimpannya selama satu setengah tahun diamankan pihak berwajib di Mapolsek Riau Silip. (Dwi HP/wowbabel)

RIAU SILIP, www.wowbabel.com - Dika Riadi Kurniawan alias Dika (33) warga Bukit Rejo RT 5 RW 8 Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung, mengaku menyimpan senjata api (Senpi) jenis revolver type colt Pyhton 357 warna hitam dan 2 butir peluru tajam kaliber 9 MM tersebut sudah satu setengah tahun. 

"Berdasarkan pengakuan tersangka, senpi didapatkan setelah menemukannya di dalam sumur kemudian disimpan dalam lemari," kata Kapolsek Riau Silip, Iptu Suhendra di Riau Silip, Selasa (12/11/2019). 

"Tersangka diamankan berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/ A- 266/ XI/ YAN.2.4. / 2019/ Babel/ Res Bangka/ Polsek Riau Silip/SPK Hari Minggu Tanggal 10 November 2019," ujarnya. 

Dijelaskannya tersangka diamankan karena mempunyai dalam miliknya menyimpan, menyembunyikan, mempergunakan suatu senjata api, amunisi atau sesuatu bahan peledak, berdasarkan Pasal 1 ayat (1) UU Darurat RI Nomor 12 tahun 1951 tentang mengubah STBL.1948 Nomor 17 dan Undang-undang RI terdahulu Nomor 8 Tahun 1948.

"Tersangka diamankan Minggu (10/11/2019) di rumah kontrakan yang beralamat di Kade Koba Desa Deniang Kecamatan Riau Silip," jelas Kapolsek. 

Sementara itu, Dika mengaku mendapatkan senpi tersebut saat berada di kampung, saat itu hendak membersihkan sumur dan menemukan bungkusan berisi senpi berikut amunisinya. 

"Saya temukan di sumur bang, dalam bungkusan berikut pelurunya, lalu saya simpan dalam lemari pakaian," papar Dika. 

"Senpi itu belum sejak saya temukan belum pernah digunakan sama sekali, saya simpen untuk jaga diri saja bang," pungkasnya. 

Akibat perbuatannya menyimpan dan memiliki senpi tanpa izin, Dika harus mendekam di ruang tahanan Polsek Riau Silip guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut. (Dwi HP/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL