LH Babar: Urus Amdal Tak Dipungut Biaya Sepeserpun

Chairul Aprizal    •    Kamis, 14 November 2019 | 17:19 WIB
Lokal
Plang kantor Dinas Lingkungan Hidup Bangka Barat. (Chairul/wowbabel)
Plang kantor Dinas Lingkungan Hidup Bangka Barat. (Chairul/wowbabel)

MUNTOK, www.wowbabel.com - Kabid Tata lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Bangka Barat (Babar), Idwin menyebutkan perusahaan yang membuat izin AMDAL tidak dipungut biaya apapun oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Idwin menyatakan tidak benar jika Dinas LH memungut biaya ratusan juta setiap kali ada yang membuat UKL/UPL )Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup) atau AMDAL.

"Tidak ada kami, saya baru 4 bulan yang lalu, kalau jaman saya belum ada yang buat AMDAL, kita tidak menyusun itu urusan perusahaan dengan konsultan Pemrakarsa yang menyusun," ungkapnya ketika ditemui dikantornya, Kamis (14/11/2019).

Idwin menyampaikan, dirinya hanya menjadi komisi penilaian AMDAL dari AMDAL yang disusun oleh konsultan, jadi tidak ada pungutan biaya.

"Konsultan menyusun, tim konsultan membayar, perusahaan membayar konsultan, ke kita dinilai melalui komisi amdal, kalau dokumen lah disusun," terangnya.

Lanjut Idwin, penyusunan dokumen AMDAL tergantung konsultan, pihaknya hanya menilai kelayakan dan akan mengkoreksi.

"Penyusunan, tergantung konsultan, semasa saya belum ada yang AMDAL tapi tidak tau sebelum saya ada belasanlah kira-kira, kan ditentukan nanti skalanya apakah AMDAL atau dibawahnya UKL/UPL," ucapnya.

Idwin menuturkan, pada saat dirinya menjabat cukup banyak yang mengurus izin UKL/UPL tapi kalau skala wajib AMDAL belum



1   2