Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Indonesia Siapkan Ceremonial Spektakuler

Endi    •    Senin, 18 November 2019 | 20:12 WIB
Sport
Menpora (tengah), saat memberikan piala bergilir Presiden dalam event Pornas XV Korpri 2019, di Pangkalpinang. (dag/wowbabel)
Menpora (tengah), saat memberikan piala bergilir Presiden dalam event Pornas XV Korpri 2019, di Pangkalpinang. (dag/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Pelaksanaan Piala Dunia Sepakbola U-20, resmi akan digelar di Indonesia, pada bulan Mei hingga Juni 2021 mendatang. Kendati masih cukup lama, segala keperluan sudah mulai dipersiapkan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengatakan meskipun Indonesia menjadi tuan rumah, kewenangan teknis penyelenggaraan Piala Dunia U-20, tetap berada ditangan federasi sepakbola dunia FIFA.

Sehingga posisi Indonesia, hanya bersifat pendukung segala kebutuhan pelenggaraan seperti sarana prasarana termasuk tempat-tempat latihan.

"Pemerintah hanya mempersiapkan apa yang menjadi kewenangan kita, ada wilayah yang tidak bisa pemerintah masuk itu menjadi wilayah federasi, karena FIFA sangat ketat terhadap aturan," kata Menpora, Zainudin Amali, usai menutup Pornas XV Korpri 2019, di GOR Sahabuddin, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (18/11/2019).

Dijelaskannya, salah satu keuntungan menjadi tuan rumah adalah tiket otomatis bagi timnas U-20 sebagai peserta, tanpa harus melalui tahapan kualifikasi.

Tentunya hal ini, menjadi suatu kebanggan bagi skuat Garuda Muda, mengingat Indonesia sendiri belum pernah berpartisipasi sebagai peserta Piala Dunia baik senior maupun U-20.

Kesempatan berharga dan langka ini, diharapkan Menpora dapat menjadi pemicu semangat punggawa timas U-20, sehingga tidak hanya sekeder mejadi pengembira, namun dapat mengharumkan persepakbolaan Indonesia di kancah Internasional.

"Insya Allah kita siap di 2021 nanti, tetapi harapan kita bukan hanya menjadi penyenggara yang baik dan sukses, kita juga mau timnas  kita sukses, karena kita akan bertanding melawan negara-negara yang punya tradisi yang begitu panjang terhadap sepak bola," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Menpora juga memastikan pagelaran Opening Ceremonial Piala Dunia U20 itu nantinya, akan berlangsung spektakuler dan lebih meriah dari pembukaan Asian Games di Palembang tahun lalu.

"Saya kita ini (pembukaan Piala Dunia U20) akan lebih meriah. Peyelenggaranya PSSI akan di supervisi oleh FIFA dan akan disiarkan keseluruh dunia, kita tidak mau tanggung-tanggung dan tidak main-main dengan itu," tukasnya. (dag/wb)



MEDSOS WOWBABEL