Polman Bakal Gelar Kontes Robot se-Babel

Dwi H Putra    •    Senin, 18 November 2019 | 18:40 WIB
Tekno
Wadir III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polman Babel, Husman MT memberikan cinderamata kepada Kadis Pendidikan Provinsi Babel, M. Soleh. (Dwi HP/wowbabel)
Wadir III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polman Babel, Husman MT memberikan cinderamata kepada Kadis Pendidikan Provinsi Babel, M. Soleh. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) akan menggelar kontes robot tingkat SD, SMP, SMA/SMK se-Babel, langkah persiapan yang dilakukan oleh tim robot Polman Babel yaitu mengadakan Sosialisasi Polman Robot Contest 2019 dengan tema Melalui Kegiatan Polman Robot Contest 2019, kita jadikan Kepulauan Babel sebagai Provinsi Berkarakter, Berprestasi, dan Berbudaya dalam wujud Pendidikan Ilmnu Teknologi. 

"Polman Robot Contest 2019 bakal dilaksanakan 18 Desember 2019 mendatang dengan tiga kategori yaitu robot soccer, robot line tracer analog dan robot line tracer digital di masing-masing tingkat SD, SMP, SMA/SMK," kata  Wadir III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polman Babel, Husman MT di Sungailiat, Senin (18/11/2019). 

"Tahap persiapan kontes ini berupa sosialisasi, pendaftaran, pengadaan unit, pelatihan dan latihan bersama yang akan dilaksanakan diakhir November dan awal Desember 2019," ujarnya. 

Dijelaskannya ajang kontes robot ini bukan kali pertama dilakukan Polman Babel, biasanya dilaksanakan di awal tahun tetapi untuk tahun ini pelaksanaan dilakukan di akhir tahun.

Lanjut Husman, para siswa yang minat untuk mengikuti ajang ini tetapi belum tahu tata cara membuat robot, nanti tim dari Polman Babel akan membantu dan mengajarkan bagaimana cara membuat robot. 

"Semoga tahun ini peminat peserta kontes meningkat dari tahun sebelumnya dengan adanya dukungan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," harap Husman.

Sementara, Kadis Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Muhammad Soleh, MM, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polman Babel untuk mengadakan kontes robot tingkat SD, SMP, SMA/SMK di Babel, karena pelajar Babel masih belum ada yang mengikuti kompetisi robot ditingkat nasional, sehingga ajang ini dapat memicu sekolah untuk lebih berinovasi dan menumbuhkan pengetahuan pelajar dalam kompetisi yang nantinya dapat bertanding di tingkat nasional.

"Sosialisasi terkait kontes robot ini dapat dilakukan seperti ini atau pihak Polman Babel dapat membuat surat kepada Dinas Pendidikan Provinsi Babel, agar kami dapat menindaklajuti dan menyampaikan ke sekolah-sekolah yang ada di kabupaten/kota," jelas Soleh. 

"Pemerintah Provinsi Babel melalui Dinas Pendidikan akan mensupport dan sangat mendukung terselenggaranya kontes robot, semoga banyak sekolah-sekolah nanti yang ikut, " harapnya. 

Ditambahkannya tujuan mengadakan kontes robot bagi pelajar sebagai mempererat tali silaturahmi, menjalin kerjasama dalam memahami dan mendalami dunia robotik, meningkatkan kepekaan siswa mempelajari robotik dan menumbuh kembangkan jiwa kompetisi. 

Reward yang dipersiapkan dari panitia yaitu trophy, uang pembinaan, sertifikat selain itu Polman Babel juga akan memberikan jalur khusus untuk melanjutkan pendidikan ke Polman Babel bagi pemenang sedangkan Dinas Pendidikan Kepulauan Babel akan menawarkan beasiswa bagi pemenang yang kuliah Polman Babel. (Dwi HP/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE