Si Kecil Menjadi Perhatian Bagi Negeri Kita

Jurnalis_Warga    •    Selasa, 19 November 2019 | 15:15 WIB
Opini
ilustrasi
ilustrasi

Si kecilĀ ini sangat tangguh, sangat kuat dan sangat berpengaruh di negara tercinta kita ini yakni Indonesia. Nah, kalian pasti bertanya-tanya siapa si kecil yang dimaksud? Si kecil yang dimaksud yaitu UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah. Menurut Amir Machmud (2017) pengertian dari UMKM itu sendiri yaitu sekelompok orang atau individu yang dengan segala daya upaya miliknya berusaha dibidang perekonomian dalam skala yang sangat terbatas. Di Indonesia sendiri terdapat cukup banyak UMKM yang berdiri. Justru UMKM dinilai menjadi sektor ekonomi yang tangguh di kala berhadapan dengan krisis, baik di tahun 1997 maupun kris global yang melanda baru-baru ini. Sekaligus mempunyai ketahanan yang relative lebih baik dibandingkan dengan usaha yang besar karena UMKM tidak bergantung pada bahan baku impor.

UMKM memiliki potensi untuk menciptakan ekonomi baru didaerah melalui UMKM unggulan di daerah yang dapat meningkatkan aktivitas lokal sehingga meningkatkan aktivitas ekonomi baru, menyerap tenaga kerja sehingga perekonomian di daerah berputar. Dengan berputarnya roda perekonomian di daerah-daerah Indonesia maka akan membuat daerah tersebut menjadi produktif. Yang akan berdampak pada majunya perekonomian di daerah tersebut, kurangnya angka pengangguran dan kemiskinan.

UMKM dapat bertujuan untuk pembangunan nasional dan menciptakan lapangan kerja yang sangat berkontribusi dalam upaya mengurangi pengangguran dan angka kemiskinan. Berdasarkan data Badan



1   2      3      4