Kapolda dan Kapolres Menyusahkan Kepala Daerah

Tim_Wow    •    Rabu, 20 November 2019 | 20:37 WIB
Nasional
Kapolri Jenderal Idham Aziz berbincang-bincang dengan anggota Komisi III DPR RI usai rapat dengar pendapat hari ini. (Ist)
Kapolri Jenderal Idham Aziz berbincang-bincang dengan anggota Komisi III DPR RI usai rapat dengar pendapat hari ini. (Ist)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- Anggota Komisi III DPR RI asal PDI Perjuangan, Trimedia Panjaitan mengatakan, jika yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang penegak hukum jaksa dan polisi terlibat proyek di daerah fakta yang tidak terbantahkan. Oleh sebab itu Trimedia menunggu langkah nyata Kapolri Jenderal (Pol) Idham Aziz dalam dua bulan kedepan untuk membersihkan kapolda hingga kapolres yang masih ada meminta proyek.

"Tolong dicek apakah perintah Kabid Propam itu jalan atau tidak. Dan yang disampaikan Presiden Jokowi kalau Kapolda, Kapolres jangan menyusahkan bupati. Itu memang fakta yang tidak terbantahkan Pak Kapolri. Sehingga gubernur dan kepala daerah yang lain bupati walikota ada istilah ada anggaran APK, aparat penegak hukum," kata Trimedia saat rapat dengan Kapolri, Jajaran Pejabat Utama Polri, dan seluruh Kapolda di Gedung DPR RI Senayan, Rabu (20/11/2019).

Trimediapun menegaskan kembali dari yang dia ketahui jika kepala daerah mengalokasi anggaran dari proyek tersebut untuk penegak hukum.

"Bahkan ada anggaran, alokasi proyek sekian untuk kapolda dan kapolres sekian, ini bagaimana?" tanya Trimedia. 

Keluhan soal jatah anggaran ini, kata Trimedia dikeluhkan langsung oleh para kepala daerah dari PDI Perjuangan yang memiliki 187 kepala daerah, mulai dari gubernur, bupati, walikota dan wakil-wakilnya,

"Itu rata-rata mengeluh seperti itu Pak Sigit. Itu saran kami pak sehingga rapat-rapat dua bulan tiga bulan kedepan sudah ada laporan efektifitas surat Kabid Propam berguna atau tidak," tukas Trimedia yang mengapresiasi surat Kapolri tentang pola hidup sederhana bagi jajaran kepolisian.

Kapolri Jendral (Pol) Idham menanggapi usulan dan pertanyaan para anggota Komisi III secara garis besar saja. Untuk jawaban secara khusus akan dibuat secara tertulis. Kapolri berjanji akan menata secara internal institusi kepolisian dan menerapkan reformasi agar instistusi kepolisian yang modern, profesional  dan terpercaya itu terwujud. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL