Calon Pengantin Wajib Miliki Sertifikat Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

Chairul Aprizal    •    Kamis, 21 November 2019 | 17:06 WIB
Lokal
Bimbingan pra nikah di KUA Bangka Barat. (Chairul/wowbabel)
Bimbingan pra nikah di KUA Bangka Barat. (Chairul/wowbabel)

MUNTOK, www.wowbabel.com - KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat (Babar), menyelenggarakan kegiatan bimbingan pranikah kepada para calon pengantin, Kamis (21/11/2019).

Juandi,SH.I.,MH.I selaku Kasi Bimas (Bimbingan Masyarakat) Islam Kanwil Kemenag Kabupaten Babar menyebutkan, semua calon pengantin wajib diberikan bimbingan terlebih dahulu sebelum melangsungkan pernikahan.

"Program ini sudah dimulai sejak 2018 tetapi yang baru dilaksanakan baru semacam uji cobalah belum semua, nah kegiatannya saat ini baru lebih banyak dilaksanakan di 2019 ini," kata Juandi.

Sebanyak 34 orang calon pengantin yang diberikan bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin angkatan II tahun 2019 yang mengikuti kegiatan hari ini.

"Kalau secara permintaan kami itu per KUA itu 25 pasang pokoknya per KUA itu yang kita keluarkan sertifikat itu per 25 pasang," katanya.

Juandi menjelaskan hal ini mulai dilaksanakan sejak saat ini tiap ada yang mendaftarkan diri untuk menikah agar mengikuti bimbingan dan mendapatkan sertifikat tersebut sebagai syarat untuk menikah.

"Iya ini program Nasional, kalau dulu sebelum tahun 2018 itu Suscatin khusus calon pengantin, bahwa dilakukan kegiatan ini dalam penelitian itu penyebab angka perceraian adalah bahwa kurangnya pemahaman tentang pernikahan itu," katanya.

Juandi menjelaskan bimbingan pranikah dan sertifikat ini ditujukan agar para calon pengantin tidak menganggap remeh sebuah perkawinan.

"Salah satunya menekan angka perceraian, sementara ini sifatnya masih Sunnah lah belum ada konsekuensi," tuturnya.

Namun kedepannya diharapkan akan berkelanjutan dan bisa dibuat kewajiban bagi siapapun yang akan melangsungkan pernikahan harus mengikuti bimbingan dan mendapatkan sertifikat. (Rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL