Gubernur dengan Para Bupati Tidak Harmonis, Bagaimana Mau Membangun Babel Ini

Tim_Wow    •    Jumat, 22 November 2019 | 17:12 WIB
Lokal
Rapat koordinasi Gubernur Babel dan pimpinan  fraksi dan komisi DPRD Babel. (al/wowbabel)
Rapat koordinasi Gubernur Babel dan pimpinan fraksi dan komisi DPRD Babel. (al/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Dewan Perwakilan Rakyat aerah (DPRD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menilai terjadinya tidak keharmonisan antara gubernur dan para bupati. Dikhawatirkan hubungan yang kurang baik ini menghambat percepatan pembangunan daerah.

"Akhir-akhir ini menurut kami di Komisi I ada ketidak-harmonisan antara gubernur dengan para bupati. Jika ini terjadi, bagaimana kita mau melakukan percepatan pembangunan di Babel ini?," kata Heliyana Anggota Fraksi PPP DPRD Babel dalam rapat pimpinan fraksi dan komisi dengan Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Jumat (22/11/2019).

Heliyana mencontohkan kurang koordinasi dan harmonisnya hubungan gubernur - bupati pada kasus penertiban tambang ilegal di Kecamatan Sijuk Belitung yang berujung pada tindakan penganiayaan terhadap Wagub Babel.

"Bupatinya ngomong tidak ada koordinasi. Kemudian di media gubernur mempertanyakan ketidakhadiran bupati saat rakor soal BBM. Ini yang tidak kita inginkan, agar pembangunan di Babel ini jangan jadi beban gubernur saja. Tapi bersama-sama, termasuk DPRD," kata Heliyana.

Menanggapi soal ketidakharmonisan ini, Erzaldi menanggapi ada komunikasi yang tidak sampai. Sebagai gubernur dia setiap saat bisa diajak berkoordinasi apalagi menyangkut pelaksanaan pembangunan bagi masyarakat.

Gubernur mencontohkan hubungan harmonis dengan Walikota Pangkalpinang terhadap upaya pemerintah provinsi dalam mengatasi banjir, lalu rencana pembangunan pelabuhan baru dan kawasan industri di Pangkalpinang dengan responsifnya walikota.

Terhadap aksi kekerasan yang dialami wagub dan Satpol PP saat penertiban tambang ilegal, Erzaldi mengaskan jika pihaknya akan tetap menempuh jalur hukum. Apalagi kekerasan dilakukan oleh pekerja yang menambang secara ilegal. Sikap Erzaldi didukung DPRD, bahwa hukum harus tegak menghadapi aktivitas ilegal. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL