Satpol PP Bangka Dibekali Ilmu Penanganan Kebakaran

Dwi H Putra    •    Selasa, 26 November 2019 | 19:58 WIB
Lokal
Pembekalan tentang penanganan kebakaran kepada personil Satpol PP kabupaten Bangka. (Dwi HP/wowbabel)
Pembekalan tentang penanganan kebakaran kepada personil Satpol PP kabupaten Bangka. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Puluhan anggota Satpol PP Bangka dibekali ilmu penanganan bencana kebakaran, hal ini diharapkan mampu menerapkan pengetahuannya bila terjadi kebakaran untuk membantu petugas pemadam kebakaran (damkar). 

"Kegiatan ini di Kabupaten Bangka yang kesekian kalinya dilakukan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran, tujuannya mengatasi bencana alam kebakaran yang nanti terjadi di daerah Kabupaten Bangka," kata Wakil Bupati Bangka, Syahbudin Sip di Sungailiat, Selasa (26/11/2019). 

Dijelaskannya, bencana kebakaran yang terjadi tahun ini di Kabupaten Bangka terhitung mulai Januari sampai November 2019 terdata sebanyak 266 kebakaran yakni sebanyak 251 kali kebakaran hutan dan lahan serta 15 kali kebakaran bangunan rumah dan gedung. 

"Total kerugian Rp 3,8 miliar, ini menjadi perhatian bersama untuk mengantisipasinya dengan cepat dan tepat," ujarnya. 

Menurutnya, dari berbagai pengalaman penanganan bencana perlu ada sistem penanganan bencana kebakaran yang kebakarannya jauh dari markas pemadam kebakaran Pemkab Bangka, hal ini supaya bisa meminimalisir dampak kebakaran. 

Lanjutnya tujuan lain pelatihan ini agar ada sosok terlatih tersebar di seluruh wilayah desa/kelurahan di Kabupaten Bangka, sebab bencana tidak bisa dicegah tetapi perlu ada antisipasi untuk menghadapinya, sehingga sumber daya manusia dan teknologi mutlak diperlukan.

"Kami harap lahir tenaga handal dari pelatihan ini dalam menangani kebakaran di daerah masing-masing, sebelum petugas kebakaran kabupaten tiba," jelas Syahbudin.

"Saya juga mengapresiasi penanganan karhutla kemarin dari Januari sampai November, karena saya pernah turut serta juga memadamkan, sehari bisa lima kali dan menghadapi resiko, untuk itu saya berterimakasih dan saya harap pelatihan ini bisa membantu meringankan petugas damkar dalam penanganan kebakaran," pungkasnya. (Dwi HP/wb)



MEDSOS WOWBABEL