Video Penertiban Parkir Liar di Kawasan Mall Transmart Pangkalpinang

Firman    •    Selasa, 26 November 2019 | 21:24 WIB
Video Kite
Video situasi arus lalu lintas di ruas jalan jendral Sudirman depan mall Transmart Pangkalpinang. (Firman/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Satlantas Polres Pangkalpinang melakukan penertiban parkir-parkir liar dan sembarangan di sepanjang jalan Stania dan jalan Sudirman, tepatnya di daerah sekitar Transmart Pangkalpinang, Selasa (26/11/2019). Penertiban parkir liar tersebut, untuk menghindari kemacetan yang terjadi beberapa hari ini.

"Karena sejak Trans Mart Pangkalpinang diresmikan, sehingga situasi ini banyak dimanfaatkan oleh sejumlah warga sebagai juru parkir liar yang tidak terdata dan tidak resmi," ungkap Kasatlantas Polres Pangkalpinang, AKP Nicodemus Brahmana.

Selain itu Nico menjelaskan, akibat parkir-parkir liar dan sembarangan banyak dimanfaatkan sejumlah warga untuk melakukan parkir yang menggunakan bahu jalan.

"Yang jadi masalah, parkir-parkir liar yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat ini, menggunakan bahu jalan, dan ini sangat menggangu arus lalu lintas di seputaran Trans Mart. Jadi, kita dari pihak Satlantas Polres Pangkalpinang, mencoba menertibkan dan juga memasang traffic cone sepanjang jalan Stania menuju jalan Sudirman daerah kawasan Trans Mart," ungkapnya.

"Kita mencoba melakukan rekayasa jalan dengan memasang traffic cone, untuk menghindari kemacetan, agar kondisi jalan tidak macet dan tertib," imbuh Nico.

Selain itu tambah Nico, memang ada sejumlah masyarakat yang komplen dan masih bingung dimana lokasi parkir kendaraan mereka ketika berkunjung ke Trans Mart.

"Karena ada juga masyarakat yang belum tahu lokasi parkir kendaraan mereka di mana," jelasnya.

Lanjutnya, Satlantas Polres Pangkalpinag, berharap dari pihak Trans Mart Pangkalpinang, bisa mensosialisasikan lokasi parkir motor dan mobil yang disediakan pihak manajemen.

"Karena kalau parkir sembarangan bisa menyebabkan kemacetan, apa lagi jalan kawasan Trans Mart ini merupakan jalan utama dan jalan Provinsi," jelas Nico.

Diakui Nico, berapa hari yang lalu banyak mobil parkir di jalan utama dari arah Sungailiat ke arah Kota Pangkalpinag.

"Sedangkan rambu-rambu itu kan sudah jelas dilarang berhenti, kalau jalan lurus berarti dilarang berhenti, tapi masyarakat gunakan parkir kendaraan di sebelah kiri jalan dan menyebabkan kemacetan," terangnya.

Dirinya berharap, agar masyarakat paham aturan lalulintas, apalagi sudah ada kantong-kantong parkir yang telah di sediakan oleh juru parkir yang resmi seperti di dalam Trans Mart sendiri.

"Terus kapasitas parkir di Trans Mart sendiri pun cukup banyak, di Pujako lokasi parkir motor sudah tersedia, di belakang Trans Mart juga ada, serta  tidak jauh dari RSBT juga ada," terangnya.

"Apa lagi ini juga jalan Provinsi yang merupakan akses lalulintas pun cukup tinggi, kalau kita parkir sembarangan itu akan mengganggu aktivitas orang lain. Karena kita berapa hari ini juga, banyak laporan dari masyarakat, terutama ketika masyarakat ingin ke rumah sakit jadi terganggu, akibat kemacetan dan mobil-mobil ambulans darurat juga jadi terhambat," tukas AKP Nico.

Reporter : Firman
Editor : Muri S



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL