1.000 Bollard Tersebar di Trotoat Kota Pangkalpinang

HendriDede    •    Kamis, 28 November 2019 | 05:41 WIB
Lokal
Bollard berwarna hijau, terpasang di trotoar salah satu sisi jalan di kota Pangkalpinang. (Dede/wowbabel)
Bollard berwarna hijau, terpasang di trotoar salah satu sisi jalan di kota Pangkalpinang. (Dede/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman terus aktif menata trotoar perkotaan dengan bola-bola beton.

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil alias Molen mengatakan, bola beton atau dikenal dengan nama bollard tersebut berfungsi sebagai pelindung para pejalan kaki.

"Untuk keamanan pejalan kaki sekaligus sebagai pelindung trotoar agar tidak digunakan sembarangan," kata Molen ketika dikonfirmasi, Rabu (27/11/2019).

Menurut Molen, bollard ini juga sekaligus untuk mempercantik Kota Pangkalpinang. Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan trotoar sebagai tempat parkir kendaraan maupun tempat berjualan.

Sementara itu Kabid Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Pangkalpinang, Belly mengatakan, membangun pedestrian dengan bollard ini supaya Kota Pangkalpinang lebih ramah bagi pejalan kaki sesuai visi misi Walikota Pangkalpinang.

"Penataan Alun -alun dan Taman Wihelmina ada sekitar 307 Bollard, itu adalah street furniture dan berfungsi sebagai pembatas antara pejalan kaki dan kendaraan," ujarnya.

Bollard yang dibangun tersebut terdapat dua macam bentuk, ada yang berbentuk bulat yang terbuat dari beton dan ada juga berbentuk persegi panjang yang terbuat dari besi. Saat ini, ada sekitar 1000 bollard yang terpasang di beberapa titik Kota Pangkalpinang.

"Fungsinya sebagai



1   2