Kementerian ESDM Dukung Langkah Gubernur Babel Terapkan Kartu BBM Bersubsidi

Tim_Wow    •    Jumat, 29 November 2019 | 10:16 WIB
Ekonomi
Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat bertemu dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Ist)
Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat bertemu dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Ist)

JAKARTA, www.wowbabel.com - Kebijakan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman memberlakukan kartu pembeliaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi didukung Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM). 

Jika penerapannya efektif untuk menekan pembelian BBM bersubsidi akan menjadi contoh bagi daerah lain. Sebab selain Babel, langkah serupa pernah diterapkan di Batam Provinsi kepulauan Riau.

"Kementerian ESDM mendukung langkah Provinsi Babel memberlaukan kartu kendali pembeliaan BBM bersubsidi. Apalagi kata Pak Menteri, kuota BBM bersubsisi hampir jebol," kata Erzaldi usai bertemua Menteri ESDM Arifin Tasrif di Jakarta, Kamis (29/11/2019).

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan 20.000 kartu bahan bakar minyak (BBM) solar bersubsidi bagi warga Kota Pangkalpinang, agar penyaluran BBM tersebut tepat sasaran. 

Setelah Pangkalpinang, kebijakan ini juga akan diterapkan di kabupaten lainnya.

Untuk mempercepat pendistribusian kartu BBM subsidi ini, Pemprov Babel bekerja sama dengan BRI dan Pertamina menggencarkan sosialisasi kepada warga, agar mereka bisa segera mendaftarkan dan memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu ini. 

Pada 2 Desember 2019 kartu BBM ini diberlakukan di Pangkalpinang. Warga yang tidak memiliki fuel card ini tidak bisa membeli solar subsidi di SPBU. Bahkan pemegang kartu tidak bisa membeli berulang jika jatah kuota 20 liter perhari sudah habis digunakan.

"Tadi saya sudah melaporkan akan mengambil langkah-langkah menggunakan kartu BBM dan sudah mendapat arahan dari Pak Menteri,” ujar Erzaldi.

Gubernur melanjutkan bahwa hal lain yang disampaikan adalah mengenai pembangunan pembangkit listrik tenaga gas dan  rencana kepemilikan 10% saham PT Timah. 

Saat ke Kantor Kementerian ESDM RI di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 18, Jakarta Pusat, rombongan Pemprov Babel kali ini diterima Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi Staf Ahli Bidang Perencanaan Strategis Kementerian ESDM, Yudo Dwinanda Priaadi. Gubernur Babel didampingi Staf Khusus Energi, Ahmad Faisal, Staf Khusus Gubernur, Prof Saparudin, Staf Ahli Gubernur, Suharno, Kepala Dinas Pertambangan Subandi dan Kepala Bappeda Fery Insani. 

Dalam kesempatan itu, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan jika konsumsi kuota solar subsidi jebol. Kementerian ESDM mencurigai ada jumlah konsumsi solar subsidi yang tidak wajar. Sebanyak 14,5 juta kiloliter kuota solar subsidi diperkirakan habis bulan ini.

Meski jumlah kuota habis Kementerian ESDM memastikan kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi dengan menambah kuota solar subsidi dan memanfaatkan penggunaan B-30 atau bahan bakar campuran biodisel dengan solar 30%.

Terkait bengkaknya volume kuota subsidi solar tahun 2019 Menteri ESDM Arifin Tasrif akan memasang 5.000 alat pemantau SPBU di sejumlah titik. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL