Membandel, TI DAS Primping Ditertibkan TNI

Yayuk    •    Jumat, 29 November 2019 | 12:36 WIB
Lokal
Personil TNI AD yang mengamankan peralatan tambang di DAS Primping. (Ist)
Personil TNI AD yang mengamankan peralatan tambang di DAS Primping. (Ist)

RIAU SILIP, www.wowbabel.com - Kawanan penambang liar di seputaran area DAS Primping Kabupaten Bangka sudah berulangkali ditertibkan, baik oleh razia Satpol PP maupun razia gabungan aparat, namun aktivitas tambang timah ilegal itu tetap berjalan. 

Kali ini, TNI yang ambil bagian melakukan penertiban di DAS Primping, Jumat (28/11/2019). 

Dandim Gaya/0413 Kolonel Pujud Sudarmanto saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa giat hari ini bentuknya bukan razia. Tapi pengamanan barang bukti sebagai bentuk kesigapan aparat TNI dalam menyikapi laporan warga yang merasa resah dengan keberadaan Tambang Inkonvensional di kawasan Sungai Primping. 

"Anggota bukan razia, namun karena ada laporan dari masyarakat tentang penambangan TI yang meresahkan maka anggota mengecek ke lapangan, ternyata di tempat kejadian perkara memang ada aktifitas tersebut," ujar Dandim. 

Ia juga menegaskan bahwa saat anggota turun ke lapangan berdasarkan laporan masyarakat tadi, pihaknya menemukan para penambang sudah pergi meninggalkan lokasi penambangan. 

"Hingga akhirnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk sementara ini kami bersama warga mengamankan peralatan mesin tambang tadi untuk selanjutnya nanti diserahkan pada pihak yang berwenang," tutupnya.

Tentang penambangan TI yang meresahkan, lanjut Dandim, anggotanya langsung mengecek ke lapangan, dan ternyata di tempat lokasi memang ada aktifitas tersebut. (Yayuk/wb)



MEDSOS WOWBABEL