Mendikbud Ajak Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Jadi Sosok Pemimpin yang Melayani

Tim_Wow    •    Sabtu, 30 November 2019 | 10:04 WIB
Nasional
Simposium internasional kepsek dan pengawas sekolah. (Ist)
Simposium internasional kepsek dan pengawas sekolah. (Ist)

JAKARTA, www.wowbabel.com --- Kepala dan pengawas sekolah memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dengan tujuan utama mengembangkan potensi peserta didik yang berkarakter. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, mengajak kepala sekolah dan pengawas sekolah dapat menerapkan paradigma kepemimpinan yang melayani.

“Saya ingin mengajak merubah paradigma kepemimpinan yang tadinya itu sebagai penguasa atau pengendali atau regulator, menjadi paradigma kepemimpinan yang melayani,” pesan Mendikbud kepada 398 kepala sekolah dan pengawas sekolah dari 34 provinsi saat menjadi pembicara kunci pada Simposium Internasional Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Setiap melakukan interaksi, kata Mendikbud, upayakan selalu mengingat bahwa tugas pemimpin adalah membantu bawahan dalam mengerjakan tugas “Kita sebagai pimpinan, harus membantu bawahan kita. Ini mungkin perubahan dasar yang terpenting. Setiap kali kita berinteraksi, pertanyaan pertama adalah apakah saya telah membantu bawahan dalam mengerjakan tugasnya,” imbuhnya.

Simposium Internasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen GTK Kemendikbud) sebagai rangkaian dari peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019, berlangsung pada 27 s.d. 30 November 2019, mengangkat tema “Innovative School Leadership to Improve Student Learning a



1   2