Ini Syarat Minimal Dukungan Calon Perorangan di Bangka Selatan

Aston    •    Senin, 02 Desember 2019 | 16:23 WIB
Pilkada
Komisioner KPU Bangka Selatan Bidang Perencanaan Data dan Informasi, Rahmad Nadi.(as/wb)
Komisioner KPU Bangka Selatan Bidang Perencanaan Data dan Informasi, Rahmad Nadi.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) telah menetapkan syarat minimal dukungan bakal pasangan calon jalur perorangan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Basel 2020 mendatang.

Komisioner KPU Bangka Selatan Bidang Perencanaan Data dan Informasi, Rahmad Nadi mengatakan, syarat minimal dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati jalur perorangan sebanyak 12.766 dukungan.

"Syarat minimal dukungan bakal pasangan calon perorangan telah kita umumkan pada 26 Oktober yang lalu, jumlah syarat minimal dukungan sebanyak 12.766 dukungan," ujar Rahmad Nadi, Senin (2/12/2019).

Jumlah tersebut, disampaikan Rahmad, berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Basel sebanyak 127.652 DPT.

" Angka 12.766 itu sepuluh persen dari jumlah DPT Basel sebanyak 127.652 DPT," jelasnya.

Lanjutnya, jumlah syarat minimal dukungan tersebut wajib tersebar minimal di lima kecamatan dari total delapan kecamatan yang ada di Bangka Selatan.

"Tidak ada syarat minimal dukungan di masing-masing kecamatan, aturan hanya menyebutkan sebaran jumlah dukungan lebih dari 50 persen dari jumlah kecamatan," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan Rahmad, dukungan dimuat dalam formulir B1- KWK. Dukungan wajib disertai identitas berupa kartu tanda penduduk.

"Bisa KTP elektronik atau SUKET," kata Rahmad.

Ia menambahkan, tahapan penyerahan syarat dukungan pasangan calon jalur perorangan



1   2