Kadis Pendidikan Kota Tidak Setuju UN Dihapus

Iwansyah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Pangkalpinang. (Dede/wowbabel)
Iwansyah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Pangkalpinang. (Dede/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkapinang, Iwansyah, ikut menanggapi perihal wacana penghapusan ujian nasional dari Mendikbud, Nadiem Makarim belum lama ini.

"Kalau secara kedinasan kami menunggu, menunggu kebijakan dari pusat apa yang harus kita lakukan," ujarnya, Minggu (1/12/2019).

Namun demikian, dirinya secara pribadi tidak sependapat dengan wacana tersebut. Sebab, menurutnya cara mengukur kemampuan siswa tersebut masih dipertanyakan. Ia juga menilai ujian sekolah maupun ujian nasional yang digunakan saat ini kredibilitas sebagai pembelajaran masih dapat diukur.

"Kalau pribadi saya nggak setuju. Ukurannya apa. Kalau ujian sekolah atau apa kan kredibilitasnya masih bisa dipertanyakan karena ada faktornya," kata Iwansyah.

Adapun jika UN dihapuskan, Iwansyah mengatakan hal ini pun dikhawatirkan  rawan praktik kecurangan di sekolah-sekolah, mulai dari kebocoran dan jual beli soal ujian. Selain itu, menurutnya apakah semua guru menguasai aplikasi dan semua daerah bisa dijangkau oleh internet.

"Ada kepentingan sekolah-sekolah yang nantinya ingin meningkatkan sekolahnya bermain dengan siswa, bisa-bisa soal-soal hariannya di kasih atau apa. Kalau kita UN itu kan sifatnya nasional, yang membuat soal kita nggak tahu kan, tidak diketahui. Minimal faktor kebocorannya itu sangat rendah. Kualitas prestasi belajar anak itu dapat terukur," jelasnya.

Hanya saja, Iwansyah menyarankan sistem ujian nasional saat ini ditingkatkan lagi.
Namun, ia kembali menegaskan, pihaknya menyerahkan hal tersebut sepenuhnya kepada kebijakan pemerintah.

"Kalau pribadi saya tidak setuju UN dihapuskan, cuma dimodifikasi lagi. Harus ada solusi lain. Tapi yang jelas kami menunggu kebijakan apa yang akan diambil oleh Kementerian," pungkasnya. (Dede/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL