Yuslih Raih Dwija Praja Nugraha

Bupati Beltim, Yuslih Ihza menerima penghargaan PGRI yang diserahkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim. (Fauzi Akbar/diskominfo)
Bupati Beltim, Yuslih Ihza menerima penghargaan PGRI yang diserahkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim. (Fauzi Akbar/diskominfo)

BEKASI, www.wowbabel.com - Tingginya kepedulian dan komitmen Pemkab Belitung Timur terhadap dunia pendidikan dan guru,  membuat Bupati Beltim Yuslih Ihza diganjar Penghargaan Dwija Praja Nugraha dari Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pendidikan RI Nadiem Makarim yang mewakili Presiden RI Joko Widodo saat Peringatan Puncak Hari Guru Nasional (HGN) ke-34 dan HUT ke-74 PGRI di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Bekasi Jawa Barat, Sabtu (30/11/2019).

Penghargaan Dwija Praja Nugraha diberikan berdasarkan usulan dari Pengurus PGRI Kabupaten atau Provinsi, yang kemudian dinilai dan diverifikasi oleh Pengurus Besar PGRI pusat. Jika dianggap layak dan kondisi di lapangan serta data sesuai proposal, maka Kepala Daerah bisa memperoleh penghargaan.

Ketua PGRI Kabupaten Beltim Syamsul Hairun mengungkapkan PGRI Beltim bersama dengan Dinas Pendidikan berinisiatif mengusulkan Bupati Beltim lantaran dinilai punya komitmen dan kepedulian tinggi terhadap dunia pendidikan. Hal itu menurutnya dapat dilihat dari porsi anggaran pendidikan pada APBD Kabupaten Beltim setiap tahunnya mencapai 20 persen lebih.

"Kami dari pengurus PGRI melihat komitmen beliau terhadap pendidikan, apalagi anggaran pendidikan hampir mencapai 26 persen dari APBD. Hal itulah yang membuat kami merasa beliau layak dan mengusulkan beliau untuk menerima penghargaan," ungkap Syamsul.

Dengan diterimanya penghargaan ini, Syamsul yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Amrizal serta pengurus PGRI Beltim meminta agar Bupati tetap terus berkomitmen mendukung kemajuan pendidikan. Selain itu pula, mewakili rekan-rekan guru lainnya ia meminta agar kesejahteraan guru di Kabupaten Beltim kian ditingkatkan.

"Diharapkan kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Beltim ke depannya untuk dapat meningkatkan kesejahteraan atau tunjangan guru-guru di Kabupaten Beltim. Karena guru-guru di Belitung Timur juga sebagai penggerak SDM untuk masa yang akan datang," harap Kepala SMP N 2 Manggar tersebut. (Fa/db)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL