Bidang Sosial Bantah Tudingan Kurang Perhatian Bagi Disabilitas

Dwi H Putra    •    Rabu, 04 Desember 2019 | 21:54 WIB
Lokal
Aris Munandar. (Dwi HP/wowbabel)
Aris Munandar. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka membantah ketidakpedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka terhadap kaum disabilitas.

Namun pihaknya mengapresiasi penyampaian yang dilakukan kaum difabel dari Yayasan Penyandang Disabilitas (YPD) Babel atas pendapat minimnya perhatian terhadap penyandang disabilitas di Kabupaten Bangka maupun Babel.

"Kami pernah ketemu (secara personal) saat ada pelatihan dari panti Palembang di Gedung Wanita, kami komunikasi lisan mengundang mereka ke kantor untuk mengetahui apa rencana mereka kedepan, tetapi mereka tidak pernah hadir," kata Kabid Sosial, Aris Munandar di Sungailiat, Rabu (4/12/2019).

"Pemkab Bangka pun telah memberi perhatian terhadap disabilitas melalui regulasi yang dituangkan dalam Perda Nomor 12 tahun 2017 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas," ujarnya.

Lanjutnya, penyelenggaraan Hari Disabilitas pun pernah dilakukan pada tahun 2018 yang mengundang penyandang disabilitas dengan menghadirkan salah satu penyandang disabilitas yang telah diirimkan ke Jakarta dan bekerja di Bank Permata, termasuk pencipta lagu Mars Disabilitas asal Bangka Tengah yakni Choky. 

Tidak hanya itu, beberapa bantuan disalurkan kepada kaum disabilitas seperti kursi roda, tongkat lansia dan kaki palsu yang di dianggarkan lewat APBD, ada juga advokasi sosial untuk bantuan modal UKM kepada 500 lebih penyandang disabilitas



1   2      3