Hadapi Natal dan Tahun Baru, Stok Pangan Babel Aman

Endi    •    Rabu, 04 Desember 2019 | 08:02 WIB
Lokal
Kepala Bulog Subdivre Bangka Taufiqurikhmah.(dag/wb)
Kepala Bulog Subdivre Bangka Taufiqurikhmah.(dag/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kepala Bulog Subdivre Bangka Taufiqurikhmah, memastikan stok pangan aman hingga lebih dari tiga bulan kedepan, termasuk antisipasi peningkatan kebutuhan menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Stok yang ada saat ini cukup untuk tiga bulan kedepan," kata Taufiqurikhmah, Selasa (3/12)2019).

Saat ini disebutkan Taufiqurokhmah, stok beras di Gudang Bulog Bangka di Kelurahan Selindung, Kota Pangkalpinang, tersedia 1.200 ton beras medium dan 250 ton beras premium. Jumlah itu, diperkirakan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan BPNT, operasi pasar maupun beras cadangan bencana.

Kata dia, khusus untuk cadangan bencana, bulog mengalokasikan sebesar 200 ton untuk provinsi dan masing-masing 100 ton untuk setiap kabupaten kota.

"Jadi setiap tahun kita selalu menganggarkan untuk provinsi dan kabupaten/kota, yaitu 200 ton untuk provinsi dan 100 ton kabupaten/kota," jelasnya.

Cadangan beras nasional saat ini sangat melimpah hingga mencapai 2,5 juta ton, sehingga pasokan beras untuk seluruh wilayah Indonesia termasuk Bangka Belitung tidak akan mengalami kendala dan jika stok beras di gudang Bulog Bangka sudah menyentuh angka seribu ton, maka pihak bulog tinggal meminta pasokan dari gudang bulog pusat.(dag/wb)