Dilanda Hujan Lebat, Ratusan Rumah Warga di Tanjungpandan Terendam Banjir

Endi    •    Jumat, 06 Desember 2019 | 17:16 WIB
Lokal
Hujang deras yang mengguyur Kota  Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir.(ist)
Hujang deras yang mengguyur Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir.(ist)

TANJUNGPANDAN,www.wowbabel.com - Hujan lebat yang melanda sebagian besar wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak Jumat (6/12/2019) pagi tadi, mengakibatkan tiga kelurahan di Kabupaten Belitung tergenangan air setinggi satu meter dan sedikitnya 457 rumah terendam.

Tiga kelurahan yang terdampak adalah Kelurahan Parit, Kelurahan Kampung Damai dan Kelurahan Kota, yang seluruhnya berada di Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

Menurut Kasi Kedaruratan BPBD Bangka Belitung, Raden Hardiansyah, air mulai menggenangi pemukiman warga sejak pukul 07.30 WIB dan terus meninggkat ketinggiannya hingga mencapai lebih dari satu meter pada siang harinya.

Genangan air yang terjadi diakibatkan curah hujan yang sangat lebat, dibarengi kondisi air laut yang sedang pasang.

"Kita bersama tim gabungan dari tagana, tim reaksi cepat (TRC), Penanggulangan bencana Kabupaten Belitung, dibantu Kodim 0414 serta personil Polres Belitung, langsung turun kelokasi guna membantu warga menyelamatkan barang berharga serta mengevakuasi korban ke dataran yang lebih tinggi, serta menyiapkan posko pengungsian dan dapur umum," jelas Hardiansyah.

Berdasarkan laporan dari Bidang Penanggulangan Bencana Satpol PP Kabupaten Belitung, proses evakuasi berjalan lancar dan belum ada laporan adanya korban jiwa dalam bencana banjir kali ini.

"Untuk sementara kita masih terus memantau situasi dan berencana akan memberangkatkan tim penolong dan bantuan logistik esok hari, jika situasi belum membaik dalam beberapa jam kedepan," tukasnya.(dag/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL