Alobi Rehabilitasi Dua Ekor Teringgiling Asal Bangka Barat

Endi    •    Selasa, 10 Desember 2019 | 11:34 WIB
Lokal
Seekor Teringgiling yang sedang direhabilitasi oleh Alobi.(ist)
Seekor Teringgiling yang sedang direhabilitasi oleh Alobi.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com  -- Lembaga Konservasi Pusat Penyelamat Satwa (PPS) Alobi Foudation, menyelamatkan dua ekor hewan paling dilindungi undang-undang yaitu Teringgiling dari ancaman kematian, usai ditemukan warga dalam kondisi mengkhwatirkan.

Mamalia bersisik tebal bernama latin Pholidota itu diserahkan warga Bangka Barat setelah sempat dirawat oleh warga setempat.

Mirisnya, salah satu dari Teringgiling tersebut luka serius pada bagian sisik diduga akibat kebakaran hutan yang sempat membakar habitatnya di Kabupaten Bangka Barat, beberapa waktu lalu.

Untuk memulihkan kondisinya, petugas rescue Alobi melakukan proses rehabilitasi di PPS di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

"Saat ini kita belum bisa memastikan jenis kelaminnya, karena dikhawatirkan stres kalau terlalu banyak berinteraksi dengan manusia," kata Ketua Alobi Foundation, Langka Sani, Selasa (10/12/2019).

Proses pemulihan menurut Langka, memakan waktu cukup lama, lantaran seekor Teringgiling tersebut, mengalami luka cukup serius.

"Satu kondisinya cukup baik, namun satunya ada luka dikulitnya, diduga karena terkena api saat kebakaran hutan di Bangka Barat, diperkirakan memakan waktu berbulan-bulan untuk proses pemulihan," terangnya.

Usai dilakukan proses rehabilitasi, Teringgiling berbobot tujuh kilogram dan sepuluh kilogram ini, akan dikembalikan ke alam guna mencegah kepunahan.

"Kita bersama BKSDA Resort Bangka Belitung nantinya akan melepasliarkan Teringgiling ini kehabitatnya, agar anak cucu kita kelak masih bisa melihat hewan-hewan seperti ini," tandasnya.

Keberadaan Teringgiling sendiri di Bangka Belitung terus terusik dan cukup kritis, lantaran maraknya perburuan liar dan perdagangan ilegal kulit Teringgiling yang dilakukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab.(dag/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL