Belajar Dengan Cara Tak Biasa, Mahasiswa di Kampus ini Bedah Film Brexit The Uncivil War

Jurnalis_Warga    •    Sabtu, 28 Desember 2019 | 20:42 WIB
Hiburan
Bedah Film Brexit The Uncivil War ala STISIPOL Pahlawan 12. (Ist)
Bedah Film Brexit The Uncivil War ala STISIPOL Pahlawan 12. (Ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Film adalah salah satu instrumen yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran baik di dalam maupun diluar kelas. Penerapan metode pembelajaran ini lebih disukai sebab mengurangi kecenderungan adanya rasa bosan. 

Mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 pada Jumat (27/12/2019) tepatnya di kelas Ilmu Administrasi Negara Semester 1 menerapkan metode ini sebagai cara pembelajaran. Pada mata kuliah Pengantar Ilmu Politik dengan Dosen pengajar Bambang Ari Satria.

Lebih dari 40 mahasiswa nonton bareng dan bedah film berjudul Brexit the Uncivil War yang baru dirilis tahun 2019 ini.

Mengajar dengan cara tak biasa melalui nonton film adalah pertemuan penutup mata kuliah Pengantar Ilmu Politik. Film tersebut bercerita mengenai dua kubu yaitu in dan leave yang masing-masing memiliki tujuan berbeda. 

Pembelajarannya sendiri bisa diambil dari jalan cerita yang berhubungan dengan mata kuliah Pengantar Ilmu Politik.

Menceritakan tentang strategi dalam kampanye dan berdemokrasi di era canggih ini dengan menggunakan big data dan algoritma. Kemudian setiap mahasiswa diminta untuk membuat resume dari film dan menyangkut mata kuliah Pengantar Ilmu Politik.

"Film berdurasi 1 jam 32 menit ini cukup memberi nilai edukasi bagi para mahasiswa," ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya kepada www.wowbabel.com.

Dapat dipastikan bahwa menonton membantu para tenaga pengajar untuk membuat mahasiswa berperan aktif dalam proses pembelajaran serta memahami makna tersirat maupun tersurat dari setiap tindakan atau watak dari setiap karakter dalam film yang mungkin sering dijumpai di dunia nyata. (*)



BACA JUGA
TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL