Haji Benu Ingin Bateng Jadi Eksportir Durian

Barly    •    Selasa, 07 Januari 2020 | 17:01 WIB
Lokal
Para warga yang menghadiri acara Festival Buah-buahan 2020 sedang rebutan buah durian gratis yang telah disiapkan oleh panitia di Lapangan Bola Desa Airmesu, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah.(wb)
Para warga yang menghadiri acara Festival Buah-buahan 2020 sedang rebutan buah durian gratis yang telah disiapkan oleh panitia di Lapangan Bola Desa Airmesu, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah.(wb)

PANGKALANBARU, www.wowbabel.com – Bupati Bangka Tengah H Ibnu Saleh atau yang akrab disapa Haji Benu ingin agar daerah Bangka Tengah menjadi daerah eksportir durian.

“Lima tahun ke depan saya ingin Bangka Tengah menjadi daerah eksporti durian. Saat ini kita terus mengembangkan bibit-bibit unggul. Selama ini baru durian asal Desa Belimbing yang sudah dijual ke luar, seperti Palembang, Medan dan Jawa. Durian Belimbing sudah cukup dikenal di luar daerah,” ungkap Haji Benu saat memberikan sambutan dalam acara Festival  Buah-buahan 2020 di  Lapangan Bola Desa Airmesu, Kecamatan Pangkalanbaru, Selasa (7/1/2020)  siang.

Haji Benu meminta dinas pertanian  terutama tenaga penyuluh segera mengembangkan bibit-bibit durian unggul lokal yang didapat dari hasil kontes kali ini.

“Bibit unggul lokal yang menang kontes harus segera dikembangkan, diperbanyak, sehingga menjadi unggulan bagi Bangka Tengah. Saya siap mengucurkan dana Rp 10 juta untuk seribu buah bibit unggul,” kata Haji Benu.

Haji Benu menambahkan, jika pihak terkait serius mengembangkan bibit unggul, maka tidak butuh waktu lama.

“Kalau menggunakan sistem sambung tak butuh waktu lama, paling 46 hari sudah bisa ditanam, sehingga lebih cepat,” imbuh Haji  Benu.

Haji Benu juga mengingatkan agar bibit durian unggul segera disertifikasi dan dilegalkan varietasnya di Kementerian Pertanian.

“Kita ingin nantinya durian-durian asal Bangka Tengah bisa dikenal orang, baik di Bangka Belitung maupun luar daerah,” tukas Haji Benu.(bar/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE