Alat Berat Tak Bertuan, Polres Babar Kesulitan Telusuri Data

Chairul Aprizal    •    Rabu, 15 Januari 2020 | 11:30 WIB
Lokal
Satu unit alat berat yang diamankan di Mapolres Bangka Barat hingga kini belum diketahui siapa pemiliknya.(rul/wb)
Satu unit alat berat yang diamankan di Mapolres Bangka Barat hingga kini belum diketahui siapa pemiliknya.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan mengaku kesulitan menemukan pemilik satu unit excavator yang saat ini  sudah diamankan di Mapolres Bangka Barat, Rabu (15/1/2020).

Alat berat itu sebelumnya diamankan dari kawasan Kolong Jebu Bembang Pasir Kuarsa Desa Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat saat aparat melakukan Operasi Penertiban Tambang Ilegal (Peti) Menumbing 2019 lalu.

"Excavator itu pada saat kita amankan sedang tidak bekerja dan dalam keadaan rusak total kita membawa ke sini butuh waktu enam hari," ungkap AKBP Adenan.

AKBP Adenan mengatakan semua pihak sudah dicoba dimintai keterangan mulai dari camat, kepala desa hingga jajaran ke bawahnya dan telah mencari ahli.

"Saat kita ngamankan itu gak ada orang sama sekali, kita sudah koordinasi juga dengan alat berat sesuai dengan merek dan nomor rangka di Pangkalpinang," tutur AKBP Adenan.

"Itu agak kesulitan, karena usia sudah sekitar tahun dua ribu, sudah lama pokoknya,” imbuh kapolres.

AKPB Adenan menuturkan lantaran alat excavator merk CAT sudah berusia dibawah 2010 maka kesulitan untuk ditelusuri datanya.

"Kesulitan datanya karena enggak terecord karena sudah lama di tahun dua ribu sekian," kapolres.

Kapolres menjelaskan alat berat tersebut sudah ketinggalan jaman, namun apabila usia excavator masih diatas 2010 kemungkinan data masih bisa ditelusuri.

"Kalau memang ada yang merasa punya, wah memang seneng sekali datang ke sini sehingga kita bisa lanjutkan siapa yang pemilik ini sebenarnya,” tutur Adenan.

Adenan menyebutkan hal ini tetap akan jadi barang temuan Polres Bangka Barat sampai diketahui pemiliknya.

"Yang jelas kita gak ada beban kalau memang gak ada orangnya ya udah sampai kapanpun di polres inilah," kata AKBP Adenan.

Adenan menambahkan yang jelas alat berat tak bertuan tersebut saat diamankan memang sudah dalam keadaan rusak.(rul/wb)

Halaman