Ini Pesan Mulkan Buka Rakor Penanggulangan Bencana Daerah

Dwi H Putra    •    Rabu, 15 Januari 2020 | 13:20 WIB
Lokal
Rapat Koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana daerah Kabupaten Bangka.(dwi/wb)
Rapat Koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana daerah Kabupaten Bangka.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Ini pesan Bupati Bangka, Mulkan SH MH, ketika membuka rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana daerah Kabupaten Bangka, penanganan  bencana merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah daerah (Pemda) saja.

Dijelaskannya berdasarkan UU No 24 Tahun 2007 bahwa Pemda diwajibkan untuk dapat melaksanakan penyelenggaraan urusan wajib penanggulangan bencana, sebab bencana merupakan kejadian luar biasa.

"Penanggulangan bencana ini tanggungjawab dan tugas bersama, bagaimana melakukan tindakan preventif dalam menanggulangi bencana," kata Mulkan di Sungailiat, Rabu (15/1/2020).

"Tiga bulan terakhir ini bahwa telah terjadi bencana yang luar biasa di Indonesia, dikarenakan cuaca yang kurang bersahabat," ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya bagaimana bersama-sama menanggulanginya terutama bencana banjir, apalagi pada tahun 2014-2015 pernah terjadi banjir besar di Bangka.

"Bahkan, halaman Kantor Sekretariat Pemda Bangka pun kebanjiran," jelas Mulkan.

Pemda Bangka pun mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk selalu tanggap serta siaga terhadap bencana yang kapan pun dapat terjadi di daerah masing-masing.

Sementara, Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka sekaligus Sekda Bangka, Andi Hudirman, menjelaskan peran aktif kepala pelaksana harian BPBD Bangka perlu dilaksanakan walau pun pangkat eselon masih III.

"Kendati eselon III, mari laksanakan tugas sesuai fungsi dan koordinasikan dengan baik, tidak ada yang hebat karena fungsi semuanya melayani dan membantu masyarakat," jelas Andi Hudirman.

Ditambahkannya, semua pihak yang tergabung dalam struktur BPBD diharapkan dapat menjalankan tugas dengan ikhlas tanpa pamrih.(dwi/wb)

 

Halaman