Polres Bangka Tertibkan TI di Kolong PDAM Merawang

Dwi H Putra    •    Rabu, 15 Januari 2020 | 20:15 WIB
Lokal
Polres Bangka menertibkan tambang inkonvensional (TI) yang beraktifitas diatas kolong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Merawang.(dwi/wb)
Polres Bangka menertibkan tambang inkonvensional (TI) yang beraktifitas diatas kolong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Merawang.(dwi/wb)

MERAWANG, www.wowbabel.com -- Polres Bangka menertibkan tambang inkonvensional (TI) yang beraktifitas diatas kolong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Merawang.

Sebelumnya aktifitas TI ini sempat dikeluhkan pihak PDAM Merawang disebabkan air baku tidak bertambah kendati sudah sering hujan di daerah itu.

"Penertiban ini dilaksanakan tim gabungan dari Polres Bangka dan Polsek Merawang juga bersama anggota TNI dari Koramil Merawang," kata Kabag Ops Polres Bangka, Kompol Faisal Fatsey di Sungailiat, Rabu (15/1/2020).

"Tiga orang pekerja kami mintai keterangan terkait kepemilikan peralatan tambang ini ke Polres Bangka," ujarnya.

Dijelaskan Kabag Ops, selain menindaklanjuti keluhan pihak PDAM Merawang, penertiban juga dilaksanakan terkait pengaduan PT Timah Tbk menyatakan penambang tidak memiliki surat perintah kegiatan (SPK).

"Beda dengan yang diatas lagi, mereka memiliki SPK dari PT Timah Tbk, sehingga tidak ditertibkan tim gabungan," jelas Kabag Ops.

Kabag Ops menambahkan selain minta keterangan terhadap pekerja, tim juga mengamankan barang bukti berupa mesin pompa air, mesin pompa tanah, bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan drum plastik yang digunakan untuk ponton mesin.

"Saat ini ketika pekerja dan barang bukti masih diamankan di Polres Bangka, guna dimintai keterangan lebih lanjut," pungkas Kabag Ops.(dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE