15.502 Orang Kunjungi Perpusda Beltim

Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan, Dinas Perpustakaan Kabupaten Beltim Sony Aprianto.(ist)
Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan, Dinas Perpustakaan Kabupaten Beltim Sony Aprianto.(ist)

MANGGAR,www.wowbabel.com -- Jumlah pengunjung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) pada tahun 2019 mengalami peningkatan sebesar 2,3 persen dari tahun 2018. Hal demikian disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan, Dinas Perpustakaan Kabupaten Beltim Sony Aprianto saat di temui di ruang kerjanya, Kamis, (16/1/2020).

"Di tahun 2019 Perpusda Beltim mengalami peningkatan pengunjung sebesar 2,3 persen dari tahun 2018, jadi di tahun 2019 kemarin pengunjung Perpusda Beltim berjumlah 15.502 pengunjung," ungkap Sony

Lebih lanjut Sony mengatakan bahwa kebanyakan pengunjung di Perpusda Beltim ialah pelajar sebanyak 10.049 pengunjung, dan yang paling sedikit ialah mahasiswa yang hanya mencapai 165 pengunjung.

“Di tahun 2019 kemarin paling banyak itu pengunjungnya dari pelajar yang mencapai 1.0049 pengunjung, dan yang sedikit itu dari mahasiswa yang hanya mencapai 165 pengunjung,” katanya.

Adapun faktor yang mempengruhi peningkatan tersebut menurut Sony ialah pengaruh besarnya internet. Kerjasama antara pihak Perpusda Beltim dan Diskominfo Beltim sebagai penyedia fasilitas Internet, memberikan dampak peningkatan pengunjung Perpusda Beltim pada tahun 2019.

"Kalau kami melihatnya dari besarnya pengaruh internet, jadi pengunjung Perpusda ini bukan hanya untuk meminjam buku saja melainkan untuk akses internet, karna kita menjalin kerjasama juga dengan Diskominfo Beltim, jadi itu yang mempengaruhi peningkatan pungunjung di Perpusda ini," ujarnya.

Kedepannya untuk meningkatkan pengunjung Perpusda Beltim, Dinas Perpustakaan akan melakukan perbaikan fasilitas dan sarana prasarana juga akan melakukan promosi dan sosialisasi.

"Jadi bentuk publikasi yang akan kami lakukan ialah kami akan turun langsung ke sekolah-sekolah dan juga membuat baliho untuk memperkenalkan bahwa di Beltim memiliki Perpusda yang representatif untuk anak-anak belajar," tukasnya.(yas)



MEDSOS WOWBABEL