KPU Beltim Rekrut 35 Anggota PPK

Komisioner KPU Beltim Asrikhah.(ist)
Komisioner KPU Beltim Asrikhah.(ist)

MANGGAR,www.wowbabel.com – Komisi Pemilihan Umum Belitung Timur akan membuka seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim tahun 2020. Pembukaan pendaftaran seleksi akan dimulai pada  Sabtu, 18 Januari 2020 mendatang.

Komisioner KPU Beltim Asrikhah , mengatakan tahapan seleksi baru dimulai hari ini Rabu (5/1/20) dengan diawali tahapan pengumuman. Berkas pendaftaran serta syarat bisa dilihat dan diunduh di kpu-belitungtimurkab.go.id

“Pendaftaran baru akan kita buka pada 18 Januari nanti dan ditutup pada 24 Januari. Minimal SMA, persyaratannya sesuai dengan pasal 72 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Selain itu wajib juga melampirkan surat keterangan sehat dari puskesmas setempat,” ungkap Rika.

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Beltim itu mengatakan tiap kecamatan setidaknya dibutuhkan 5 PPK, sehingga total PPK yang dibutuhkan mencapai 35 orang di seluruh Kabupaten Beltim.

“Target kita minimal setidaknya akan kita ambil 10 orang dari tiap-tiap kecamatan, 5 untuk tambahan cadangan atau (Pengganti Antar Waktu). Jadi nanti yang masuk hingga tahap wawancara totalnya 70 orang,” jelas Rika.

Dalam tahapan seleksi juga disertakan dengan tanggapan masyarakat, baik seusai pengumuman seleksi tertulis dan juga pengumuman seleksi wawancara. KPU Beltim juga berkoordinasi dengan Bawaslu Beltim untuk melakukan kroscek terkait calon PPK.

“Kita juga kroscek di aplikasi Sipol untuk mengetahui latar belakang calon PPK, apakah yang bersangkutan masuk dalam partai politik atau menjadi tim sukses pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati,” jelas Rika.     

Masa kerja PPK terpilih akan berlangsung selama 9 bulan yang terhitung dari 1 Maret 2020 hingga 30 November 2020. Setiap bulannya PPK akan menerima honorarium minimal Rp 1,6 juta.(@2!)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE