Serangan Ulat Bulu, Seratus Pelajar SDN 37 Pangkalpinang Alami Gatal-gatal

Tim_Wow    •    Jumat, 17 Januari 2020 | 14:41 WIB
Lokal
Salah satu siswa SDN 37 Pangkalpinang mengalami gatal-gatal dibagian tangan  akibat terkena ulat bulu.(dag/wb)
Salah satu siswa SDN 37 Pangkalpinang mengalami gatal-gatal dibagian tangan akibat terkena ulat bulu.(dag/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Sekitar 100 orang pelajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 37 Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengalami gatal-gatal dan bentol-bentol kemerahan, sejak empat hari terakhir.

Menurut pihak sekolah, kejadian itu akibat serangan hama ulat bulu, yang muncul di pohon-pohon perindang dan hiasan sekolah.

"Ada wabah sejenis ulat bulu hitam kecil. Anak-anak kalau sudah terkena itu (ulat bulu,-red) semua badannya gatal-gatal, guru juga ada yang kena," kata Kapala Sekolah SDN 37 Pangkalpinang, Suswani, Jumat (17/1/2020).

Dampaknya, tutur Suswani, sekitar 100 siswa-siswi mengalami kejadian yang baru pertama kali terjadi di sekolahnya.

"Selain mengalami gatal-gatal dan bentol-bentol kemerahan, ada beberapa siswa sampai mengalami demam sehingga tidak bisa bersekolah. Kejadian ini sudah sejak Selasa kantin," terangnya.

Salah satu siswa, Muhammad Rizard, yang mengalami serangan ulat bulu mengaku, ia bersama teman-temannya sejak hari Selasa 14 Januari lalu.

"Kena ulat bulu tangan jadi gatal-gatal dan panas sejak Selasa kemarin," kata Siswa SDN 37 Pangkalpinang, M Rizard Wahyudi.

Pihak sekolah kemudian memutuskan untuk meminta pertolongan dari puskesmas terdekat. Petugas Puskesmas Tamansari Pangkalpinang yang tiba di lokasi, langsung melakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan pertolongan medis bagi pelajar yang terdampak.

"Iya memang berbahaya, karena bisa menyebabkan gatal-gatal, kemudian digaruk bisa menyebabkan infeksi bakteri dan bisa menyebabkan demam sampai ada gangguan fisik lainnya seperti pusing," jelas dokter Puskesmas Tamansari sari, dr Karina.

Pihak sekolah berharap, dinas terkait segera bertindak melakukan penyemprotan pembasmi hama ulat bulu, yang hingga detik ini belum mengambil tindakan meskipun sudah dilaporkan.(dag/wb)



MEDSOS WOWBABEL