[Video] Fantastis, Barongsai Asal Pangkalpinang Juara Dunia di Hongkong

Tim_Wow    •    Senin, 20 Januari 2020 | 15:37 WIB
Video Kite
Grup Barongsai Saudara.(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Grup Barongsai Saudara, asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional, setelah menjadi juara dalam event Internasional Barongai di Hongkong, 11 Januari lalu.

Dalam kejuaraan yang digelar setiap dua tahun itu, Indonesia berhasil mengungguli tuan rumah dan meraih peringkat empat. Sedangkan peringkat pertama diraih Tiongkok, yang merupakan negara asal seni barongsai itu.

Perjalanan grup Barongsai Saudara yang sudah sembilan kali mewakili Indonesia dikancah internasional tersebut, terbilang cukup fantastis jika dilihat dari keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh perkumpulan yang baru dibangun pada tahun 2000 ini.

Untuk latihan rutin tiga kali seminggu, mereka hanya menggunakan lahan ditepi jalan dan seluruh biaya latihan, hanya berasal dari iuran anggota dan tidak ada fasilitas apapun dari pemerintah daerah.

"Ada tidak adanya kejuaraan kami rutin menggelar latihan setiap tiga kali seminggu," kata Ketua Barongsai Saudara, Leo Valentino, Senin (20/1/2020).

Namun berkat tekat dan ketekunan, Grup Barongsai Saudara ini mulai diperhitungkan setelah berhasil mewakili Bangka Belitung, pada seleksi piala presiden tahun 2016 dan berhasil meraih peringkat tiga nasional untuk kategori tonggak.

Dan sejak itulah, grup Barongsai yang beralamat di Kelurahan Pasir Garam, Kota Pangkalpinang ini mulai dapat kesempatan untuk tampil mewakili Indonesia.

"Kita sudah sudah tampil sembilan kali diluar negeri diantaranya, di Malaysia, Thailand, Hongkong dan Tiongkok," katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Achiang ini, kejuaraan di Hongkong yang baru saja mereka ikuti, salah satu prestasi yang cukup membanggakan, pasalnya diikuti beberapa negara di Asia yang cukup mahir memainkan seni barongsai.

"Yang terbaru di 2020 kita mendapat juara empat dalam kejuaraan dunia Barongsai di Hongkong, pada tanggal 11 Januari," ungkap Achiang.

Prestasi yang diraih diajang kejuaraan dunia barongsai di Hongkong tersebut, diharapkan dapat memicu semangat anak-anak muda lain, tidak hanya dari etnis keturunan Tionghoa, namun juga terbuka bagi seluruh anak muda Indonesia, untuk menekuni olahraga sekaligus seni yang cukup memicu adrenalin ini.(dag/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE